Mau Buka Bisnis Packaging? Ini Dia Pertimbangannya!

  • by

Idaman dari setiap generasi milenial saat ini adalah memiliki usaha sendiri. Selain karena sebuah idealisme, memiliki usaha sendiri bagi para pemuda memiliki nilai tersendiri. Baik dari sekedar status sosial, faktor keturunan ataupun karena alasan lainnya.

Sehingga tidak heran jika banyak kalangan muda yang mengikuti pelatihan kesana-kemari. Dari pelatihan urusan marketing, seminar motivasi, bahkan acara-acara pertemuan bisnis lainnya. Bahkan tak jarang ada sebagian orang yang berani mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan apa yang mereka anggap sebagai salah satu faktor penentu kesuksesan dalam dunia bisnis.

Dunia bisnis sendiri mengalami dinamika yang terus berkembang. Bisnis masa kini tidak hanya berkutat di dalam dunia nyata dimana pengharusan bertemunya antara konsumen dengan produsen atau pun penjual secara langsung. Bisnis hari ini bahkan bisa dilakukan dengan duduk di rumah dengan media sosial sebagai senjatanya.

Media sosial yang sering digunakan sebagai senjata dalam bisnis online mendapatkan tempat yang begitu besar saat ini. Bahkan beberapa pemiliki usaha bisnis yang dulunya hanya fokus dalam dunia nyata pun mulai berbondong-bondong mendatangi penyedia jasa pembuatan website. Bukan tanpa alasan, hal tersebut karena mereka juga telah menyadari pentingnya promosi di dunia maya.

Sosial media senjata ampuh untuk bisnis saat ini, sumber : pixabay.com

Salah satu bisnis yang mulai menjamur di era digital saat ini adalah bisnis packaging. Bisnis yang berfokus pada pengemasan barang agar selamat sampai tujuan tersebut saat ini bisa anda temui diberbagai tempat.

Packaging yang dilakukan pun tidak hanya barang-barang tertentu seperti masa lalu yang diorientasikan ke tempat yang jauh. Saat ini packaging sudah mulai berkembang bahkan dalam segi seni dan keindahan. Sehingga pengemasan yang dilakukan mencakup banyak barang dari barang non konsumsi hingga untuk konsumsi.

Dengan perkembangan fungsi tersebut membuat cetak kemasan yang dihasilkan inovatif dan menarik. Karena selain faktor keamanan saat dalam perjalanan, fungsi lain sebagai daya tarik dan uniknya paket turut diperhatikan. Apalagi paket tersebut untuk hadiah dalam sebuah acara seseorang.

Pertimbangkan Hal Ini

Dan untuk anda yang ingin membuka usaha dalam dunia packaging jangan fokus dalam soal banyaknya saingan. Walaupun sudah banyak yang telah mulai dahulu bisnis tersebut tetap memiliki prospek yang bagus. Berikut beberapa pertimbangan bagi anda yang ingin memulai bisnis ini :

1. Arus Digital

Hampir manusia hari ini tidak terhindar dari arus digital. Bahkan hampir tidak ada manusia yang tidak memiliki handphone. Dari usia anak-anak hingga orang tua rata-rata memiliki handphone. Bahkan bisa dikatakan handphone menjadi sisi lain dari hidup mereka.

Dengan demikian sudah pasti mereka akan sering mengakses internet. Ketika seseorang melakukan aktivitas dengan internet tersebut biasanya para pemilik usaha besar sudah mulai melakukan promosi dengan memasang produk atau jasa mereka dalam sebuah aplikasi.

Hampir semua orang terkoneksi dengan internet hari ini, sumber : pixabay.com

Dan bagi anda yang masih baru dalam dunia bisnis, baik bisnis packaging dan lainnya anda bisa ikut mengefektifkan usaha anda tersebut dengan media sosial populer yang ada. Dari instagram, tiktok bahkan sampai facebook dan youtube.

Terlebih jika bisnis packaging anda memiliki inovasi dan ciri khas tertentu. Pastiya akan cepat dikenal oleh orang banyak calon konsumen. Media sosial populer selain memiliki pengguna yang banyak, tentunya juga akan sering diakses sehingga begitu mudah bisnis anda untuk dikenali.

Baca Juga : Peluang Bisnis Berbagai Minuman Teh

2. Sarana Pendukung

Siapa sih hari ini yang tak kenal dengan jasa pengiriman seperti JNE, J&T, TIKI dan yang semacamnya? Dan jasa pengiriman jarak dekat seperti grab, gojek dan yang lainnya? Mereka adalah sarana pendukung dalam usaha bisnis packaging.

Meski jasa pengiriman besar seperti JNE dan J&T telah memiliki standar tersendiri berkaitan bagaimana packaging, namun apakah mereka memperhatikan masalah keindahan dan daya tarik dalam kemasan packaging mereka?

Disetiap usaha satu sebenarnya memiliki potensi usaha lain yang bisa dimaksimalkan. Tinggal bagaimana kita jeli didalam melihat keadaan tersebut. Namun bagi jasa pengiriman jarak dekat seperti grab dan gojek, itulah sebenarnya yang lebih besar prospeknya jika ingin berfokus pada kemasan yang indah dan menarik dalam suatu paket.

3. Hal Yang Dibutuhkan

Menjamurnya dunia bisnis saat ini sudah menjadi rahasia umum. Hampir semua bidang memiliki para pebisnis baru yang terus bermunculan. Baik dari bisnis pakaian, oleh-oleh hingga minuman herbal.

Packaging begitu dibutuhkan saat ini, sumber : pixabay.com

Dengan adanya mereka tentunya akan berdampak kepada kebutuhan terhadap pengemasan suatu barang. Jika anda bisa menampilkan sebuah solusi pengemasan yang berbeda tentunya akan ada saja yang melirik bisnis packing yang anda miliki. Karena sebenarnya packaging suatu barang adalah sebuah kebutuhan, baik bagi para pelaku usaha ataupun yang sekedar kirim-kirim karena karena suatu hal.

Itulah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan jika berkeinginan untuk membuka bisnis packaging. Selain beberapa hal diatas tentunya masih banyak lagi hal lainnya yang perlu untuk dipikirkan. Perencanaan dalam memulai sebuah usaha adalah langkah awal untuk mengurangi resiko kegagalan.

Dan masa pandemi ini turut membuktikan bahwa geliat ekonomi akan terus berjalan. Bahkan bisa dikatakan para pelaku bisnis online sedang mendapatkan tempatya saat ini. Bisa dibayangkan bukan jika anda telah memiliki bisnis packaging saat ini? Mungkin jasa yang anda miliki telah diserbu oleh para pelaku bisnis online tersebut.

Semoga bisnis yang anda bangun lancar dan kecil dalam kegagalan. Dan kegagalan terbesar dalam dunia bisnis adalah tidak mencobanya sama sekali. Dengan mencoba disanalah terbukanya begitu banyak pintu-pintu keberhasilan.

Leave a Reply