Cara dan Trik Membeli Mebel Jepara Asli Agar Tidak Salah Pilih

  • by

Kebutuhan untuk membeli perabotan rumah tangga atau mebel itu sangat diperlukan. Selain sebagai dekorasi interior rumah agar tampak indah tentu juga terdapat beberapa fungsi seperti kursi untuk tempat duduk, meja untuk tempat menaruh barang atau makanan, lemari untuk tempat pakaian, dan lain-lain.

Mengenal Daerah Jepara Sebagai Penghasil Kerajinan Mebel Kayu

Kota Jepara merupakan tempat penghasil mebel yang terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Sejarah kota mebel ini sudah di mulai sejak zaman Hindu. Jepara dahulu sudah menjadi tempat yang ramai, karena digunakan sebagai jalur pintu gerbang untuk berkomunikasi antara Nusantara, Cina, dan India.

Mebel ukiran khas Jepara, sumber: www.dekoruma.com
Mebel ukiran khas Jepara, sumber: www.dekoruma.com

Ketika kerajaan Islam sedang berjaya di Demak, kota ini dijadikan sebagai wilayah perjuangan dari Sunan Kalijaga yang mengembangkan dunia seni dan salah satunya adalah seni ukir. Banyak produk dari mebel Jepara ini, misal meja, kursi, lemari, barang kerajinan, dan lain sebagainya. 

Kelebihan Membeli Mebel Khas Jepara

Membeli mebel Jepara memang sudah tidak diragukan lagi dari kualitasnya. Selain menggunakan bahan material kayu yang berkualitas seperti kayu jati, tetapi mebel Jepara juga memiliki desain yang khas. Dengan ukiran yang indah, mebel Jepara tidak hanya menjadi mebel yang memiliki nilai guna, namun juga memiliki nilai seni yang tinggi. Nah, berikut ini ada beberapa kelebihan dalam membeli mebel Jepara, diantaranya:

1. Bahan yang digunakan berkualitas

Dalam pembuatan mebel Jepara untuk bahan yang digunakan adalah kayu jati. Begitu banyak manfaat dari kayu jati, bahan ini juga biasa digunakan oleh jasa ralling tangga di Jogja. Karena bahan ini memiliki ketahanan yang kuat. Mebel Jepara dengan bahan kayu jati bisa bertahan dengan baik hingga 20 tahun lamanya.

2. Ukiran mebel yang berkelas

Tidak banyak pengrajin ukir yang dapat membuat ukiran yang bagus dan rumit seperti mebel Jepara ini. Mebel Jepara memiliki ukiran yang klasik berseni tinggi yang menawan. Ukiran mebel Jepara juga tampak lebih mewah dan hidup. Hal ini lah yang membuat mebel Jepara diincar hingga ke pasar Internasional.

3. Kualitas mebel yang bagus

Terkadang kekurangan dari mebel berbahan kayu adalah tidak dapat tahan terhadap air dan serangga seperti rayap. Namun, untuk kayu jati mebel Jepara memiliki kandungan minyak alami sehingga membuat mebel Jepara ini lebih tahan terhadap air dan serangga rayap.

Cara dan Trik Membeli Mebel Asli Khas Jepara

Dalam membeli mebel Jepara tentunya sebagai pembeli akan lebih puas jika barang tersebut sesuai dengan yang diharapkan. Yaitu barang tersebut memiliki kualitas yang bagus, awet atau tahan lama, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini akan ada beberapa cara dan trik untuk anda dalam membeli mebel khas Jepara. Supaya anda tidak salah dalam membeli mebel Jepara simak penjelasan di bawah ini, diantaranya:

1. Perhatikan dalam pemilihan bahan mebel

Untuk membeli mebel Jepara anda harus bisa memilih bahan yang terbuat dari kayu berkualitas. Banyak jenis kayu yang dapat digunakan untuk bahan dasar pembuatan mebel tersebut. Dan memang mebel Jepara ini identik dengan produk yang terbuat dari bahan mebel kayu jati berkualitas.

Kursi mebel Jepara, sumber:  www.dekoruma.com
Kursi mebel Jepara, sumber: www.dekoruma.com

Namun, jangan asal untuk memilih, karena saat ini banyak pengrajin yang menjual mebel dengan harga yang murah tetapi bahan yang diguanakan tidak begitu berkualitas. Untuk lebih amannya anda bisa konsultasikan terlebih dahulu sebelum membelinya kepada penjual.

2. Pemilihan warna yang harus sesaui 

Jika membeli mebel Jepara pasti selalu memiliki warna yang asli, seperti warna coklat muda dan coklat tua. Namun, pengrajin mebel dari Jepara ini mempeunyai ide untuk berinovasi dalam karyanya yaitu membuat warna yang berbeda.

Dan sekarang sudah banyak tersedia warna yang disediakan. Jadi anda bisa memilih warna apa yang anda inginkan. Untuk warna mebel yang cocok dalam desain interior rumah minimalis biasanya memiliki warna putih, abu-abu, dan warna natural lainnya.

3. Menyesuaikan model desain mebel

Dalam memilih model desain mebel, anda jangan pilih model ukiran. Karena model ukiran akan lebih sulit untuk dibersihkan di banding yang tidak ukiran. Dan untuk merawat mebel ukiran juga memerlukan ketelatenan lantaran permukaan yang tidak rata sehingga dalam membersihkan akan lebih sulit. Namun, ini hanya saran saja anda bisa menyesuaikan dengan minat dan keperluan yang akan dibutuhkan. Anda bisa memilih mebel ukiran maupun yang biasa.

4. Perhatikan kondisi mebel kayu

Tidak hanya memilih bahan kayu yang berjenis kayu jati. Anda juga harus dapat memperhatikan konisi pada mebel kayu. Agar mendapatkan kualitas mebel Jepara yang bagus sebaiknya perhatikan apakah ada lubang pada bahan kayu tersebut.

Kondisi mebel Jepara, sumber: www.olx.co.id
Kondisi mebel Jepara, sumber: www.olx.co.id

Kondisi mebel yang berlubang ini disebabkan oleh serangga kecil yang memakannya dan nantinya akan menyebabkan bubuk di bagian kayu jati.  Lubang-lubang kecil ini yang ada pada permukaan kayu jati dan akan membuat mebel yang anda beli tidak tahan lama karena rapuh.

5. Perhatikan kualitas pada finising mebel

Anda harus dapat perhatikan kualitas dari finising mebel Jepara. Untuk kualitas finising mebel yang bagus anda bisa lihat dari kelahusan serat kayu dan kerapian ukirannya. Dalam pengecatan permukaan mebel juga tampak rata tanpa ada yang terlewatkan. Kualitas cat finising yang bagus akan menentukan kualitas material pada kayu mebel. Namun, biasanya untuk membeli mebel Jepara yang sudah perofesional akan sangat memeprhatikan kualitas dari finising mebel tersebut. 

Jika ANda sudah mantap dengan pilihan Anda, Anda bisa membawa mebel tersebut dengan kendaraan pribadi atau sewa pickup. Berbagai jasa sewa pickup Jogja dan kota lainnya mudah ditemukan. Namun seringkali toko mebel juga menyediakan pengantaran gratis. Itulah beberapa cara dan trik untuk membeli mebel Jepara asli agar tidak salah pilih. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi anda yang ingin membeli membel khas Jepara.

Leave a Reply