Peluang Bisnis Stationery (Alat Tulis) dan Keperluan Seminar

  • by

Penggunaan terhadap stationery (alat tulis) dalam dunia pendidikan tidak bisa dihindari. Penggunaan alat tulis dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan signifikan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, tidak terkecuali di Indonesia.

Alat tulis menjadi salah satu alat yang penting dalam menunjang proses belajar mengajar, baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Dalam menunjang kebutuhan terhadap alat tulis, tentu diperlukan pemasok terhadap alat tulis tersebut. Sehingga ini menjadi peluang bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis stationery.

Jenis Stationery (Alat Tulis)

Alat tulis memiliki banyak jenis, namun yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, meliputi:

  1. Bolpen
  2. Pensil
  3. Pena
  4. Rautan
  5. Spidol
  6. Pensil Warna
  7. Penghapus
  8. Tipe x
  9. Stabilo
Beragam Alat Tulis, Sumber: Pinterest/@36kma

Lalu, bagaimana peluang bisnis stationery (alat tulis) dan keperluan dalam seminar, berikut Kami berikan informasinya untuk anda:

Peluang Bisnis Stationery (Alat Tulis)

1. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Dalam berbisnis stationery (alat tulis) memang tidak terlalu membutuhkan modal besar. Karena dengan modal sekitar 1 juta hingga 5 juta, sudah bisa menjalankan bisnis ini. Bahkan tidak sedikit orang yang memulai dengan modal dibawah 1 juta. Sebab harga alat tulis juga relatif terjangkau bagi setiap kalangan.

Seperti halnya harga pulpen berwarna atau tidak 1 box dengan isi 12 pcs dari harga Rp. 12.000 s/d Rp. 20.000 atau tergantung jenis. Belum lagi harga alat tulis lainnya, yang dijual tidak terlalu jauh dengan harga pulpen. Dengan harganya yang bervariasi dari puluhan ribu tersebut, tentu tidak terlalu membutuhkan modal besar dalam memulai bisnis alat tulis.

2. Membuka Jaringan Bisnis

Saat anda berbisnis alat tulis, sebaiknya membuka jaringan bisnis dengan perusahaan atau organisasi yang sering mengadakan seminar atau workshop. Karena saat seminar atau workshop, penggunaan perlengkapan alat tulis tidak bisa dihindari. Alat tulis menjadi bagian penting dalam kegiatan seminar dan workshop.

Sehingga menjadi cara untuk anda untuk bekerja sama dengan mereka. Sistem yang anda berikan harus menguntungkan untuk anda dan juga mereka. Seperti menjadi sponsorship berupa alat tulis bagi peserta, jasa cetak lanyard bagi panitia, atau hadiah berupa alat tulis lengkap.

Beragam Alat Tulis, Sumber: Pinterest/@iconosquare.com

Selain itu, anda juga bisa membuka reseller dan agen. Bagi agen diberi potongan harga sekitar 30% dan bagi reseller diberi potongan harga sekitar 15% dengan syarat ada batas minimal belanja bagi agen dan reseller. Secara tidak langsung anda memudahkan alat tulis yang anda jual laku dengan jumlah lebih banyak.

Karena tentu reseller dan agen, akan membeli alat tulis dalam jumlah banyak dan berbagai jenis. Apabila harga yang anda tawarkan miring dari harga pasar atau lebih murah dari harga pasar. Dalam membuka jaringan bisnis melalui reseller dan agen, anda perlu menggunakan jasa landing page.

3. Tidak Ada Masa Kadaluarsa

Alat tulis tidak memiliki masa kadaluarsa dari penggunaan tinta seperti makanan atau minuman. Bahkan juga tidak juga memiliki masa kadaluarsa dari segi style bungkusan seperti pakaian. Karena pada perkembangannya, segala style pulpen dari segi bungkusan yang bermunculan dari dulu hingga sekarang masih bisa kita jumpa dengan mudah.

Sehingga, anda tidak khawatir akan kerusakan akibat masa kadaluarsa terhadap alat tulis. Baik itu pulpen, pena, pensil, tipe x, dan lain-lain.

4. Mudah Penyimpanan

Alat tulis mudah untuk disimpan. Dalam segala jenis suhu alat tulis mampu menjaga kualitas tintanya dengan syarat menggunakan penutup pulpen, pena, dan tipe x saat tidak digunakan. Namun, sebaiknya alat tulis terutama yang memiliki tinta disimpan dalam kondisi ruangan normal 20°C s/d 25°C agar saat digunakan tintanya dapat berfungsi dengan baik.

5. Mudah Mencari Supplier

Agar anda mudah membuka jaringan bisnis melalui reseller atau agen. Anda harus mencari supplier alat tulis. Mencari supplier alat tulis bukanlah sebuah perkara yang sulit. Karena banyak supplier melalui marketplace yang bisa anda dapatkan seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada, facebook, instgram, olx, dan masih banyak lagi.

Beragam Alat Tulis, Sumber: Pinterest/@livrosrabiscando.blogspot.com

6. Mudah Dibungkus dan Dikirim Jarak Jauh

Alat tulis mudah dibungkus dengan pengiriman jarak jauh, kalau jarak dekat apalagi. Namun, dibalik itu harus diperhatikan jenis alat tulisnya. Agar memudahkan anda memilih jenis bahan untuk jadikan sebagai pembungkus. Sekalipun alat tulis basah tetap berfungsi dengan semestinya, tetapi kepuasaan konsumen tetap anda utamakan.

Karena tidak semua konsumen mau menerima alat tulis dalam kondisi basah apalagi sampai rusak dan patah. Sehingga perlu dibungkus dengan rapi agar bisa terhindar dari basah dan kerusakan selama pengiriman. Walaupun anda tertarik, bisa bekerja sama juga dengan mereka yang bisnis packaging untuk membuat khusus packaging anda.

Packaging banyak jenis bisa kardus kecil, kardus sedang, kardus besar, plastik, bubble wrap, dan masih banyak lagi. Pada packaging (bungkusan) tersebut bisa mencetak nama toko anda.

Alat Tulis Sebagai Keperluan Seminar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Seminar atau Workshop tidak bisa lepas dari alat tulis. Biasanya penggunaan alat tulis akan lebih banyak saat seminar dan workshop diadakan. Seperti paket buku dan pulpen bahkan ada juga tas untuk peserta. Paket buku dan pulpen untuk moderator, dan tidak ketinggalan juga paket buku dan pulpen untuk panitia.

Saat seminar dan workshop, biasanya alat tulis yang digunakan adalah pulpen dan buku. Tidak sedikit juga yang menggunakan kertas dan spidol. Tergantung jenis seminar dan workshop yang diadakan.

Peluang diatas memberikan kemudahan bagi anda yang ingin bisnis stationery (alat tulis). Tunggu apalagi, buat perencanaan dari sekarang.

Leave a Reply