Bisnis Online Paling Populer di Jogja

  • by
bisnis online populer

Seiring berkembangnya internet banyak sekali cara untuk kita semua agar dapat berkerja. Dulu yang apabila harus datang ke kantor, Sekarang rapat bahkan bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun. Tidak hanya itu banyak sekali macam macam bisnis yang ditawarkan melalui adanya internet. mulai dari berjualan barang hingga berjualan jasa.

Meskipun dengan banyaknya pengguna internet kendala seperti Maintenance Website atau gangguan kendala lainya. Itu akibat dari berkembangnya internet yang semakin lama semakin bagus. lalu apa saja kah bisnis online yang populer dikalangan orang jogja? Ada banyak, Karena jogja sendiri adalah kota budaya yang memiliki beragam orang dengan kemampuan yang berbeda beda.

Kota jogja memiliki ragam dari produk lokal yang dapat diperjualbelikan secara online. Lalu apa saja kah bisnis yang populer? Yuk kita simak

Bisnis Online Populer

Ada banyak sekali pekerjaan yang apat kita kerjakan dengan menggunakan internet, dan beberapa yang terkenal di anataranya adalah

1. Membuka Jasa SEO

Jika Anda memiliki keahlian SEO (Search Engine Optimization), membuka jasa konsultan optimasi website adalah pilihan bisnis online menjanjikan.

Pada dasarnya, bisnis online Anda ini akan membantu website pebisnis untuk mendapat peringkat terbaik di mesin pencari. Dengan demikian, akan mendatangkan banyak pengunjung yang berpeluang meningkatkan penjualan produk mereka.

Belum banyak yang memiliki keahlian ini, jadi jasa Seo Anda akan sangat dibutuhkan. Namun, harap diingat bahwa bisnis Anda sebaiknya menghindari teknik Black Hat SEO yang tidak aman. Gunakanlah strategi yang baik seperti riset keyword, content audit, hingga monitor backlink. Langkah ini sekaligus untuk membangun reputasi Anda.

Untuk memasarkan bisnis online ini, Anda bisa memanfaatkan website portofolio atau blog yang menjelaskan kemampuan Anda. Untuk lebih mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa berpromosi lewat media sosial.

Bisnis online populer
Ilustrasi jasa Seo Sumber : https://www.cermati.com/

2. Dropshipping

Dropshipping adalah bentuk bisnis di mana Anda menjual produk orang lain. Penghasilan dropshipper berasal dari selisih harga, dari yang dibayarkan oleh pembeli, ke yang Anda bayarkan untuk supplier.

Tak seperti reseller, Anda tak perlu menyimpan barang sebelum menjualnya lagi. Jadi, tak perlu repot membuat gudang sendiri. Lalu, bagaimana sistemnya? Anda cukup bekerja sama dengan supplier, lalu memasarkan produk mereka. Bisa melalui website, media sosial dan lainnya.

Nah, pada saat pembeli menginginkan suatu barang, Anda menerima uang dari pembeli. Lalu, Anda membayarkan uang tersebut kepada supplier sesuai harga barang dan meminta supplier untuk langsung mengirim barang tersebut kepada pembeli.

Saat ini, semakin banyak platform yang menawarkan kerjasama dropship. Sebut saja, Sahabat Dropshipper, Yuk Dropship, dan lainnya. Pilihan jenis produknya juga beragam. Mulai dari fashion dan kosmetik hingga produk kerajinan tangan.

Baca Juga : Informasi Mengenai Mebel Antik Jotawang Jogja

3. Kursus Online

Anjuran Pemerintah untuk belajar dari rumah membuat kursus online kian booming. Ini bisa jadi ide bisnis online menguntungkan. Tak hanya bagi siswa, banyak karyawan perusahaan yang juga membutuhkan akses belajar skill baru melalui kursus online.

Kursus online adalah sebuah website yang berisi berbagai macam materi pengetahuan yang bisa diakses dengan sistem berbayar. Baik dengan sistem berlangganan, maupun sekali beli. Anda tak memiliki keahlian coding untuk membuat website? Tak perlu khawatir. Banyak platform seperti WordPress yang dapat membantu Anda membuat kursus online dengan sistem yang baik. Anda cukup fokus pada skill yang akan Anda tawarkan.

WordPress memiliki banyak plugin LMS (Learning Management System) yang akan membantu Anda mengelola kursus, membuat kelas hingga manajemen portal pembayaran. Meskipun bisa saja dimulai tanpa modal, kami menyarankan Anda berinvestasi dengan layanan hosting yang baik. Tujuannya, agar mampu menyediakan website yang bisa diakses kapan saja tanpa kendala.

bisnis online populer
Jasa jursus online Sumber: http://igtkipgrijatim.com/

4. Pembuatan Website

Apabila Anda jago coding, membuka jasa pembuatan website bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan. Alasannya, banyak orang mulai memahami pentingnya website tapi belum mampu membuat website sendiri.

Langkah awal di bisnis ini, bangunlah website yang unik sebagai media promosi dan identitas online Anda. Jangan lupa, bangun branding yang kuat atas keahlian Anda tersebut. Selain itu, Anda perlu lebih jeli dalam memilih target pasar dan menyesuaikan tarif jasa yang dikenakan.

Bisnis online ini bisa Anda lakukan tanpa modal. Pun demikian, menjanjikan keuntungan yang berlipat karena Anda bisa melakukan berbagai pengembangan usaha. Salah satunya, dengan menjadi reseller hosting.

5. Blogger

Anda mungkin bertanya “kenapa membuat blog termasuk dalam bisnis online?” Begini penjelasannya. Ketika Anda memiliki blog, Anda tentu akan menulis konten yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat. Lalu, pengunjung akan datang ke blog Anda untuk mendapatkan informasi berkualitas yang mereka perlukan.

Semakin banyak pengunjung datang, semakin besar penghasilan yang akan Anda dapatkan. Dari mana? Banyak sumbernya. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan. Contohnya dengan bergabung ke platform Google Adsense.

Selain itu, tak jarang bisnis yang berani membayar Anda untuk menulis sponsored post. Dan, masih banyak cara lain seperti afiliasi atau menjual produk digital Anda sendiri. Yang tak kalah menarik, Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal sepeser pun.

Baca Juga : Tips Membeli Produk Berbahan Kulit Di Desa Wisata Manding

6. Penulis Freelance

Keahlian Anda menulis bisa menjadi bisnis online yang menguntungkan. Kenapa demikian? Saat ini banyak pebisnis yang sadar pentingnya pemasaran dengan content marketing. Salah satunya, melalui blog. Namun, tak banyak dari mereka yang memiliki keahlian menulis artikel yang menarik.

Oleh karena itu, bisnis online jasa penulisan konten cukup menjanjikan. Untuk menemukan calon konsumen Anda bisa melakukan beberapa cara. Pertama, bergabung dengan platform freelancer dan mengambil pekerjaan sesuai keahlian Anda. Beberapa platform yang bisa Anda gunakan adalah Sribulancer dan Projects.co.id.

Kedua, membangun blog atau website portofolio yang menunjukkan skill Anda. Siapkan halaman kontak khusus agar calon klien mudah menghubungi Anda. Lalu, promosikan skill Anda melalui berbagai platform media sosial untuk mendukung upaya pemasarannya.

bisnis online populer
Jasa penulis freelance salah satu bisnis online yang populer Sumber: http://www.ruangfreelance.com/

7. Jasa Desain Grafis

Seperti halnya dalam hal penulisan, keahlian desain grafis sangat diperlukan oleh dunia bisnis. Contohnya, desain logo, desain kemasan produk, desain brosur dan lainnya.

Membuka jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis online bagi Anda yang memiliki skill desain yang tinggi. Apalagi pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah atau remote.

Untuk mendapatkan konsumen, Anda bisa juga bergabung ke platform freelancer. Di Indonesia, ada Sribu.com yang menjadi salah satu marketplace desain grafis terbesar. Jika ingin menjajal pasar luar negeri, 99designs bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Namun, Anda tetap perlu membangun reputasi online Anda melalui sebuah website portofolio. Inilah yang akan menjadi bukti keahlian desain Anda. Selain itu, calon klien tidak akan ragu lagi menggunakan jasa Anda setelah mengetahui hasil karya desain yang ditampilkan.

8. Jasa Copywriting

Meyakinkan konsumen untuk membeli sebuah produk membutuhkan skill. Sayangnya, tak banyak yang memilikinya. Membuka jasa copywriting bisa menjadi bisnis online yang layak Anda coba. Sebab, bisa Anda mulai tanpa modal.

Copywriting sendiri merupakan salah satu teknik menjual produk yang banyak ditemukan. Baik di media cetak maupun di platform digital seperti website. 

Jika Anda sudah menguasai teknik copywriting dengan baik, Anda bisa langsung memulai bisnis tersebut. Bisa dengan mendapatkan klien dari platform freelance atau mempromosikan website portofolio yang menampilkan karya copywriting Anda.

Apabila belum, Anda bisa belajar teknik copywriting terlebih dahulu. Mulai dari cara membuat headline yang menarik hingga menulis body copy yang persuasif.

Itulah beberapa bisnis online yang sedang populier di jogja. Bagi anda yang berminat silahkan mulai start up anda dalam bisnins yang anda minati. Semoga bermanfaat, Selamat membaca dan terimakasih.

Leave a Reply