5 Langkah Penghilang Mabuk Perjalanan

penghilang mabuk perjalanan

Anda sering melakukan perjalanan bersama keluarga tersayang? atau Sering berpergian keliling indonesia dengan sahabat anda? Tapi pernahkah selama di peerjalanan ada salah seorang dari keluarga maupun sahabat anda yang merasakan mual maupun pusing. Itu tadi adalah gejala dari mabuk kendaraan

Mabuk perjalanan adalah Penyakit yang disebabkan oleh gerakan selama perjalanan.Perjalanan dengan mobil, udara, atau perahu, semuanya dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan biasanya hilang ketika gerakan berhenti. Gejala berupa kelelahan, kegelisahan, pusing, dan muntah-muntah.

penghilang mabuk perjalanan
Ada beberapa cara untuk menghilangkan gejala mabuk perjalanan Sumber: https://www.solopos.com/

Untuk menjaga kesehatan keluarga dan sahabat anda selama di perjalanan mari kita cari tahu apa saja kah yang dpaat kita lakukakn apabila keluarga maupun sahabat kita ada yang mengalami gejala tadi

Langkah Penghilang Mabuk Perjalanan

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan gejala dari mabuk perjalanan yaitu

1. Mengkonsumsi Herbal

Sebagai masyarakat indonesia tentu saja anda sudah tidak asing enga herbal. Herbal adalah kekayaan alam yang memiliki banyak manfaat. Saat ini sudah banyak herbal yang beredar di kalangan masyarakat seperti teh maklon herbal, turkish propolish dan lainya. Ada beberapa herbal yan dapat anda gunakan sebagai pehilang rasa mabuk perjalanan

A. Jahe

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology (Gastrointestinal dan Liver Phisiology) tahun 2003, orang yang mengonsumsi suplemen jahe sebelum pergi ke taman hiburan tidak merasa mual. Jahe dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk untuk mencegah mabuk perjalanan.

Caranya dengan membuat teh jahe dengan merebus beberapa potongan jahe. Setelah itu, campur dengan dua cangkir air selama 10 menit dan minum setengah jam sebelum bepergian.

B. Apel Hijau

Pektin dalam apel hijau membantu menetralisir asam lambung. Hal itulah yang membuatnya sangat efektif mencegah mabuk perjalanan. Gula alami dalam apel hijau juga membantu menenangkan perut.

Caranya dengan meminum ekstrak jus dari dua apel hijau yang ditambah dengan lemon dan minum sebelum melakukan perjalanan.

Baca Juga : Tips Membeli Oleh-Oleh Untuk Anda Yang Hobi Berwisata

C. Lemon

Lemon segar atau jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat meredakan perut seperti mual, dan muntah saat bepergian. Bahkan, aroma lemon juga dapat membantu meringankan mabuk perjalanan karena memicu daerah otak untuk menekan mabuk perjalanan.

Caranya hanya mencampurkan satu lemon ke dalam segelas air hangat. Kemudian tambahkan madu dan minumlah sebelum melakukan perjalanan.

Ada banyak sekali herbal yang dapat bermanfaat Sumber: Pinterest

2. Hindari Bermain Gadget

Sama halnya dengan naik transportasi laut, membaca dan bermain gadget akan meningkatkan risiko kamu mengalami mabuk perjalanan. Benda statis seperti yang ditatap terlalu lama akan memicu munculnya mabuk perjalanan. Biasakan pandangan lebih sering mengarah ke benda yang bergerak aktif, seperti pemandangan sekitar , pergerakan awan, melihat mobil yang melintas, dan juga melakukan sesuatu yang aktif.

3. Minum Minuman Bersoda

Satu gelas minuman manis bersoda mengandung asam fosfat dan gula tinggi yang dapat mengatasi mual. Setidaknya minum segelas teh manis juga akan berguna sebaga cara penghilang mabuk perjalanan.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Tukang Las Area Jogja Terpercaya

4. Minum Obat Anti Mual

Obat-obatan seperti dramamine, Bonine dan bahkan antihistamin seperti Benadryl dapat membantu mengatasi mabuk dengan memblokir transmisi sensorik-saraf. Tapi obat-obatan ini juga dapat menyebabkan kantuk sehingga kurang cocok bagi Anda yang ingin menyetir.

5. Pijat Titik Akupreasure

Akupresur adalah metode pengobatan tradisional dengan menekan titik tertentu pada tubuh. Tujuannya adalah melancarkan aliran energi yang terhambat agar tubuh dapat berfungsi kembali dengan normal.

Dari sisi medis, tekanan pada akupresur bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, mengendurkan otot, dan merangsang produksi hormon endorfin yang memberikan rasa rileks. Dengan demikian, tubuh terasa lebih nyaman dan tidak mudah mual.

Berkat manfaat tersebut, akupresur diyakini bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Beberapa titik yang dapat ditekan adalah sebagai berikut:

1. Titik PC6/P6

Titik PC6/P6 terletak di tengah-tengah pergelangan tangan bagian dalam. Melansir salah satu penelitian dalam jurnal PLoS One, tekanan pada titik PC6/P6 diketahui dapat meredakan keluhan mual dan muntah pascaoperasi.

Untuk mencobanya, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Angkat tangan kiri dengan posisi telapak tangan menghadap Anda.
  • Tempelkan tiga jari tangan kanan Anda di tangan kiri, lalu tempelkan ibu jari Anda di bawah ketiga jari tersebut. Inilah titik PC6/P6.
  • Tekan ibu jari secara perlahan hingga Anda bisa merasakan dua baris otot.
  • Ulangi pada tangan kanan Anda.

2. LI4 (large intestine 4)

Titik akupresur lain yang dinilai efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah titik LI4. Titik ini juga disinyalir dapat meredakan mual akibat pusing, nyeri, dan sakit kepala. Anda dapat mencobanya dengan langkah-langkah berikut:

  • Angkat tangan kiri Anda, lalu cari titik pertemuan antara otot ibu jari dan jari telunjuk.
  • Jika sulit menemukannya, coba tempelkan ibu jari Anda dengan jari telunjuk. Titik LI4 terletak pada tonjolan antara kedua jari ini.
  • Tekan titik LI4 secara perlahan.
  • Ulangi pada tangan kanan Anda.
Titik akuprasure LI4 Sumber: https://id.wikihow.com/

3. SP4 (spleen meridian 4)

Seperti namanya, titik S4 terhubung dengan limpa. Titik akupresur yang terletak pada sisi dalam kaki ini dinilai efektif untuk mengatasi mual karena gangguan pada perut, termasuk akibat mabuk perjalanan.

Berikut langkah-langkah menerapkan akupresur pada titik SP4:

  • Duduklah, lalu angkat kaki kiri Anda hingga telapak kaki menghadap Anda.
  • Tempelkan jari tangan Anda pada ibu jari kaki, lalu ikuti garisnya sepanjang sisi dalam kaki.
  • Berhentilah saat jari Anda mencapai lengkungan kaki. Titik S4 terletak pada area tersebut, tepatnya di sebelah tulang kaki yang menonjol.
  • Tekan titik tersebut secara perlahan.
  • Ulangi pada kaki kanan Anda.

Itulah beberapa cara yang apat anda lakukakn guna sebagai penghilang mabuk perjalanan. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat membaca dan terimakasih.

Leave a Reply