Makanan Khas Lombok Dengan Rasa Pedas

  • Admin 
Plecing Kangkung

Lombok tidak hanya terkenal dengan pulau seribu masjid dan objek wisata nya yang masih asli. Tetapi kuliner lombok juga tidak kalah terkenalnya dengan dua hal tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk membahas kuliner lombok pada artikel kali ini.

Ternyata kata Lombok dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bukan hanya berarti pulau di Kepulauan Nusa Tenggara saja, ternya ada arti lainnya yaitu cabai yang terkenal dengan rasa pedasnya. Bagaimana jika kita kerucutkan lagi ulasan kita tentang kuliner lombok yang mempunyai rasa pedas.

Makanan Khas Lombok Dengan Rasa Pedas

Ternyata rasa pedas makanan yang membakar lidah tidak terlalu dibenci oleh kebanyakan orang, bahkan ada sebagian orang yang sangat menyukai makanan pedas, mungkin anda adalah salah satunya. Nah bagi anda penggemar masakan pedas, cocok sekai untuk membaca artikel ini. Jika anda ingin mencicipi semuanya anda tidak perlu pusing anda tinggal datang saja ke rumah makan di lombok yang bertuliskan menu tersebut. Oke kita simak ulasan berikut ini.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang. Source: bagi-in.com

Ayam Taliwang memang sudah terkenal bukan hanya di lombok, mungkin seluruh negara Indonesia sudah mengetahui akan lezat dan pedasnya makanan ini. Ayam Taliwang yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat yang memiliki bahan dasar daging ayam. Daging Ayam ini dibakar dengan bumbu-bumbu seperti cabai merah kering, cabai merah, bawah putih tomat, terasi, kencur, gula merah, garam dan lain sebagainya. Sudah kebayangkan bagaimana lezatnya dan pedasnya makanan ini. Biasanya makanan ini di santap bersamaan dengan makanan khas lombok lainnya, seperti plencing kangkung.

Plencing Kangkung

Plecing Kangkung
Plecing Kangkung. Source: grid.id

Plencing Kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan langsung disajikan dengan sambal tomat. Sambal tomat dibuat dengan mencampurkan tomat, cabai rawit, garam, terasi, kadangkala ditambahkan dengan jeruk limau.

Sebagai pendamping makanan Ayam Taliwang, plencing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan taoge, kacang panjang ataupun kacang tanah. Kangkung yang digunakan juga bukanlah kangkun biasa yang sering dipakai oleh orang jawa, namun kangkung air yang ditanam pada air mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung yang batangnya besar dan rasanya ranyah.

Beberuk Terong

Beberuk Terong
Beberuk Terong. Source: resepkoki.id

Beberuk Terog adalah makanan khas lombok yang terbuat dari lalapan terong dan kacang panjang dengan sambal tomat yang pedas. Bahan untuk membuat makanan ini antara lain terong, bawang merah, tomat, cabe rawit, garam, gula pasir, minyak, dan air.

Lalapan ini juga sering sajikan bersama dengan ayam taliwang, sajian ini punya citarasa super pedas. Beberuk terong sangat cepat & praktis untuk membuatnya karena tidak perlu ‘dimasak’ cukup blender semua bahan sambal kemudian masukkan irisan terong dan kacang panjang terakhir taburi dengan irisan bawang merah.

Sate Bulayak

Sate Bulayak
Sate Bulayak. Source: indonesiakaya.com

Sate Bulayak adalh sate khas lombok yang terbuat dari daging sapi berlumur bumbu khas lombok dan disajikan bersama lomtong khas lombok yang biasa disebut bulayak. Bumbu sate tersebut terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya sehingga rasanya mirip bumbu kari.

Untuk menimati makanan ini, cukup membuka daun aren yang melilit bulayak. Bulayak lalu dicelupkan ke bumbu kacang yang telah disediakan. Pertemuan rasa gurih bulayak dengan bumbu kacang yang pedas menghasilkan kombinasi yang sempuna, jadi tidak sabar untuk mencobanya.

Ayam Rarang

Ayam Rarang
Ayam Rarang. Source: limakaki.com

Biasanya kita hanya mengenal olahan ayam dari lombok hanyalah ayam taliwang. Tetapi ternyata bukan hanya itu saja ada Ayam Rarang yang tidak kalah lezat dan nikmat dan tentu saja rasa pedasnya tidak kalah dari Ayam Taliwang.

Mendengar namanya saja sudah terbayang semut merah yang sangat sakit jika digigit. Sangat pas sekali untuk menggambarkan rasa pedas dari ayam rangrang ini. Ayam Rarang biasanya disajikan dengan lumeran bumbu pedas yang berminyak, rasa gurih dan pedasnya sangat terasa, dijamin anda akan bermandikan keringat saat makan makanan ini.

Mungkin cukup sampai disini dulu pembahasannya, jika nanti ada kesempatan akan kami tambahkan daftar makanan pedas khas dari daerah lombok. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda sekalian.

Sekian dari kami, jangan lupa mampir ke artikel Safara Jogja lainnya, ada banyak informasi bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply