Tips Memilih Hotel Saat Berlibur Bersama Keluarga

  • by

Meski musim liburan telah lewat, jangan sedih dulu, banyak jadwal musim liburan lainnya yang bisa kamu rencanakan. Apakah itu berwisata ke suatu tempat atau memilih untuk stay di rumah dan menghabiskan waktu bersama keluarga karena bingung untuk memilih hotel.

Bagi kamu yang sudah memutuskan untuk jalan-jalan ke luar kota, tentu sudah menyiapkan berbagai hal, untuk mewujudkan jalan-jalan yang seru? Salah satunya ialah mempertimbangkan masalah penginapan. Penginapan merupakan bagian terpenting yang perlu kamu optimalkan agar liburan kamu pun akan terasa begitu menyenangkan.

Untuk mengoptimalkan itu, kamu perlu cermat dalam memilih penginapan yang nyaman, yang akan menjadi tempat tinggal sementara kamu selama liburan. Karena itu, yuk, simak tips memilih hotel berikut ini.

memilih hotel
Sumber : shuttershock

Lihat lokasi hotel

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat mencari penginapan adalah melihat lokasi penginapan tersebut, apakah hotel tersebut dekat dengan tujuan wisata kamu atau berada di pusat kota. Umumnya, hotel yang berada dekat dengan lokasi tujuan wisata cenderung lebih mahal.

Baca Juga : Makam Bersejarah Yang Ada di Jogja

Kamu perlu mengeluarkan biaya lebih buat membayar sewa. Akan tetapi, kamu hanya bisa pergi ke wisata sekitar saja yang ada. Namun, jika tujuan wisata kamu cukup beragam, kamu perlu memilih hotel yang berada di pusat kota (tengah kota). Biasanya hotel yang berada di pusat kota dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dan bahkan lebih murah.

Selain itu, akses ke wisata tujuan juga akan jauh lebih mudah karena berada dekat dengan jalur bus atau transportasi publik lainnya. Dengan begitu, kamu pun bisa menghemat biaya transportasi sambil bisa liburan ke tempat wisata lainnya juga.

Kroscek fasilitas

Biasanya, harga sewa yang diberikan oleh pihak hotel berbanding lurus dengan fasilitas yang disediakan. Hotel yang dibanderol dengan harga  mahal juga bisa disebabkan oleh adanya sarana dan prasarana yang lengkap. Begitu sebaliknya. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan pula ada penginapan yang harganya terbilang murah, tetapi menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

memilih hotel
Sumber : shuttershock

Hal itu lagi-lagi kembali pada kebutuhan kamu selama liburan. Jika kamu menginap di hotel hanya semalam, pilihlah hotel yang hanya menawarkan fasilitas standar, tetapi masih layak untuk kamu singgahi. Misalnya, keadaan ruang tidur dan kamar mandi bersih dan suasana kamar yang nyaman. Dengan begitu, kamu masih bisa menghemat biaya liburan dengan tepat.

Namun, bila durasi liburanmu terbilang cukup lama dan bersama teman, kamu bisa menyewa hotel yang fasilitas lebih paripurna. Selain itu, kamu dapat menyiasati biaya hotel dengan saling sharing biaya sewa dengan teman liburanmu.

Baca Juga : Pengrajin Tembaga dan Kuningan Wilayah Jogja dan Sekitarnya Dengan Beragam Jenis Produk

Hindari hotel bisnis

Hotel bisnis merupakan jenis hotel yang biasanya digunakan oleh karyawan untuk menginap pada saat melakukan kunjungan dinas. Jenis hotel seperti ini biasanya memiliki ukuran kamar yang tidak terlalu luas. Selain itu, fasilitasnya juga terbatas (tidak ada area bermain anak dan kolam renang) sehingga anak mudah bosan saat staycation.

Cek fasilitas ramah anak

Pastikan hotel yang Anda pilih memiliki fasilitas yang menyenangkan untuk anak. Beberapa fasilitas ramah anak yang bisa dipertimbangkan ketika memilih hotel untuk anak di antaranya:

Area Bermain Anak Area bermain anak menjadi fasilitas utama yang harus didapatkan bagi yang berlibur bersama anak. Adanya fasilitas ini akan membantu mencari hiburan yang mudah bagi anak tanpa harus membeli mainan untuknya. Layanan Baby Sitter Kadang kala, orang tua yang berlibur jarang membawa baby sitter. Tetapi, tak jarang membuat kerepotan mengurus anak pada saat berlibur.

memilih hotel
Sumber : shuttersock

Ada beberapa hotel yang mungkin menyediakan layanan semacam ini untuk membantu menjaga anak dalam kondisi tak terduga, maka layanan ini juga bisa dipertimbangkan walaupun tidak membutuhkannya setiap waktu, tapi bisa dimanfaatkan pada waktu-waktu darurat.

Kegiatan Bagi Anak Beberapa hotel biasanya menyedian beragam event yang diperuntukkan bagi orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya berkegiatan. Kegiatan ini juga bisa dijadikan obat bagi anak yang sudah merasa bosan melakukan kegiatan berlibur.

Perhatikan aturan sarapan

Memperhatikan peraturan sarapan yang dimaksud adalah pada saat memesan kamar hotel, pastikan harganya sudah termasuk dengan fasiltas sarapan gratis. Cek ketentuan hotel mengenai usia anak yang bisa mendapat sarapan gratis dan ketahui biaya tambahan jika membawa lebih dari satu anak.

Fasilitas Tambahan

Selain fasilitas pendung anak juga bisa dipertimbangkan. Beberapa fasilitas yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih hotel di antaranya adanya lahan parkir, adanya retoran di dalam hotel yang bisa digunakan apabila anak membutuhkan makanan yang mendadak, Selain itu, juga adanya Wi-Fi, dan fasilitas laundry yang bisa digunakan apabila tidak sempat mencuci pakaian karena kesibukan mengurus anak.

Membaca ulasan tamu sebagai pertimbangan

Setelah mendapatkan pilihan hotel, langkah terakhir yang bisa dilakukan sebelum memesannya yaitu melihat ulasan yang diberikan oleh tamu sebelumnya. Mengecek ulasan tamu-tamu hotel sebelumnya digunakan sebagai acuan bahwa hotel tersebut memberikan fasilitas sesuai dengan yang ada di laman mereka. Jangan sampai fasilitas dan pelayanan yang didapatkan tidak sesuai ekspektasi, membuat anak rewel dan malah mengganggu waktu istirahat sehabis mengemudi jarak jauh.

Itulah Informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips memilih hotel saat berlibur, berbeda halnya ketika anda memilih pakaian yang anda temukan di konveksi Jakarta, Bandung, hingga Jogja tips memilih hotel harus betul-betul anda siapkan secara matang. Semoga bermnafaat dan terimakasih

Leave a Reply