Pengrajin Tembaga dan Kuningan Wilayah Jogja dan Sekitarnya Dengan Beragam Jenis Produk

  • by
pengarajin tembaga dan kuningan

Wilayah Jawa Tengah terkenal dengan sentra pengrajin tembaga dan kuningan dimana, produk yang dihasilkan telah terkenal akan keindahan dan kualitasnya. Salah satu jenis kriya yang menonjol dari dari pengrajin tembaga  di daerah Jawa Tengah didominasi bahan baku logam seperti tembaga, alumunium, dan kuningan.

Tidak akan sulit mencari produk dari pengrajin tembaga dan kuningan di daerah Jawa Tengah karena pengarajin disana merupakan budaya yang sudah turun temurun sehingga, memiliki generasi-generasi penurus warisan dari keterampilan kriya logam. Hal ini yang membuat pengrajin tembaga di daerah Jawa Tengah masih tetap ada sampai sekarang dan terus mengalami perkembangan dari skill keterampilan sampai hasil produk yang memiliki nilai jual yang tingggi.

Pengrajin tembaga dan kuningan di daerah Jawa Tengah tidak mencakup semua daerah, hanya beberapa daerah saja yang terkenal dengan produk kriya logam dari tembaga dan kuningan dan daerah tersebut juga sudah dikenal hampir diseluruh Indonesia dengan produk kriya logam yang dihsilkan,

Daearah tersebut seperti Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jogja dan daerah Boyolali yang jaraknya tidak jauh dari kota Jogja. Pengrajin tembaga dan kuningan di daerah Boyolai bisa dibilang menjadi pusat pengrajin tembaga dan kuningan di Jawa Tengah, hal tersebut dilihat dari banyaknya pengarajin tembaga dan kuningan di daerah tersebut.

Berikut ini beberapa daerah pengrajin tembaga dan kuningan di daerah Jogja dan Boyolali diantaraya:

1. Copper Leluhur

Replika pintu Masjid Nabawi, sumber: copperleluhur.com/

Copper leluhur merupakan industri pengarijan kriya logam tembaga dan kuningan yang berasal dari daerah Boyolali, tepatnya berada di desa wisata Tumang, kecematan Cepego. Pengrajin tembaga dari copper leluhur telah dikenal dengan pengerjaannya yang baik dan manual dilakukan menggunakan tangan.

Desain dari produk kriya logam yang dihasilkan memiliki nilai artisitik yang baik dan model yang menarik  dengan detail yang sangat diperhatikan dari setiap proses pembuatan produk tembaga dan kuningan.

Produk kerajinan yang dihasilkan dari copper leluhur beraneka ragam mulai dari ukuran yang kecil sampai ukuran besar semua sudah bisa mereka produksi. Produknya seperti peralatan dapur, ornament atau hiasan bangunan, kubah masjid, kaligrafi, replika masjid nabawi, hiasan lampu untuk gedung dan rumah, bathub, patung, logo atau lambing, dan masih banyak lagi produk kerajinan yang dihasilkan.

Semua pengrajin yang berkerja di copper leluhur merupakan pengarajin yang sudah berpengalaman dibidangnya dan merupakan warga lokal atau asli dari kabupaten Boyolali. Sehingga produk yang dihasilkan tentunya memiliki kualitas baik dengan harga yang bersaing. Konsumenya hampir dari seluruh Indonesia memesan produk kriya tembaga dan logam dari pengarajin copper leluhur.

Bisa menjadi rekomendasi salah satu tempat bagi Anda yang sedang mencari produk kriya dari tembaga dan kuningan dengan kualitas baik dan harga yang bersaing dan bisa juga melakukan pemesanan dalam bentuk custom atau disesuaikan denagan keinginan pemesan.   

Baca juga: Jasa kitchen set Solo profesional

2. NBAS Kotagede

Patung burung Garuda dari tembaga, sumber: tatkala.co/

NBAS Kotagede merupakan industri pengrajin produk kriya logam berupa tembaga dan kuningan yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam dunia pengrajin produk kriya tembaga dan kuningan. Seperti namanya NBAS Kotagede berlokasi di Kotagede, Daerah Istimewa Yoyakarta.

Di daerah ini terkenal dengan pengrajin tembaga dan kuningan sama seperti desa Tumang yang merupakan sentra pengrajin tembaga dan kuningan di daerah Boyolali, di Jogja sentra pengrajin tembaga dan kuningan berada di daerah Kotagede dan salah satunya NBS Kotagede yang sudah terkenal akan produk kriya logam yang dihasilkan.

Produk kerajinan tembaga dan kuningan yang dihasilkan tidak kalah dengan hasil produk tembaga dan kuningan dari desa Tumang, Boyolali kualitas produk dari NBS Kotagede juga mempunyai kualitas yang sama baikya.

Produk tembaga dan kuningan yang dihasilkan dari NBS Kotagede antara lain seperti lambang garuda pancasila, patung tembaga, kaligrafi, logo atau lambang, hiasan atau pajangan, dan produk lainnya. Skala ukuran produk yang dihasilkan mulai dari ukuran kecul hingga ukuran sedang, untuk produk dengan ukuran yang besar seperti kubah masjid tidak mereka produksi.

Jika sedang mencari produk kerajinan tembaga di daerah Jogja, NBS Kotagede bisa menjadi rekomendasi bila domisili Anda di daerah Jogja. Kualitas produknya tidak kalah dengan produk kerajinan dari daerah Boyolali. Produk yang dihasilkan juga beragam jenisnya dan bisa melakukan pemesanan custom atau disesuaikan dengan dengan keinginan pemesan.

3. Gudang Art Design

Lampu gantung masjid dari material tembaga, sumber: gudangart.com/

Gudang art design merupakan industri pengrajin tembaga, kuningan, dan alumunium yang memiliki 3 cabang di daerah Jawa Tengah dan basenya atau office utama berada di Yogyakaeta tepatnya berada di Jl. Kaliurang Km 12 Komp.Ruko Candi Sari, Kab. Sleman, Yogyakarta.

2 cabangnya berada di daerah desa Tumang Boyolali dan Gudang Art Design sudah berdiri sejak tahun 2006 dengan memiliki pengrajin atau seniman tetap dibidangnya berjumlah 55 orang baik itu seniman logam dan kaca. Komsumennya berasal baik dari dalam negeri maupun mancanegara, jadi kualiatas produk kerajinan yang dihasilkan tentunya memiliki kualitas yang baik.

Gambar motif dan tema dari produk yang mereka buat pada umumnya memiliki kesamaan dengan motif-motif pada seni relief ukir. Produk yang dihasilkan seperti ornament, logo, lampu hias, furniture, souvenir, dan masih banyak lagi produk kerajinan lainnya. semua produk tersebut memiliki tujuan bukan hanya sekedar menjadi peralatan rumah tangga tetapi, juga sebagai hiasan untuk memperindah sebuah ruangan.

Bukan hanya bergerak pada produk kerajinan kriya logam seperti tembaga dan kuningan tetapi, Gudang Art Design juga bergerak dalam pembuatan produk berbahan alumunium, hampir sama dengan baja ringan yang biasa digunakan dalam pembuatan struktur rumah.

Selain alumunium diproduksi juga  kerajinan kaca patri merupakan ornament arsitektur yang berasal dari negara di kawasan benua Eropa. Produkj kerajinan dari kaca patri berbeda dengan kaca biasanya dimana, produk kaca patri mempunya motif atau hiasan pada permukaan kacanya. Prduknya seperti kubah kaca, kaca grafir, lampu hias kaca patri, dan masih banyak lagi produk kerajinan kaca patri yang dibuat.

Gudang art design juga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari produk kerajinan dari tembaga, kuningan, alumunium, dan kaca patri. Mereka juga menerima pemesanan custom sesuai dengan keinginan pemesan, sehingga Anda bisa sesuaikan dengan bentuk design yang diinginkan.

Baca juga: Daftar jasa marketing digital di Jogja

4. AA Art Gallery

Lampu meja dari material tembaga, sumber: aagallery.co.id/

AA art gallery merupakan industri pengarajin kuningan dan tembaga yang berada di desa Tumang Boyolali dan sudah menjadi produsen dari berbagai macam produk tembaga dan kuningan sejak tahun 1990 dengan pengalaman dibidang pengrajin produk kriya logam yang sudah cukup lama, membuat AA art gallery sudah cukup terkenal akan akan kualitas produk yang dihasilkan secara nasional.

Sampai saat ini memiliki 2 cabang dan keduanya berada di daaerah yang sama, workshop pertama berada di Tumang Tegalrejo Rt.02 Rw.09 Cepogo Boyolali Jawa Tengah dan workshop kedua berada di Tumang Sari Rt.01 Rw.14 Cepogo Boyolali Jawa Tengah.

Produk yang dihasilkan seperti kerajinan kaligrafi, bathtube, lambang atau logo, lampu meja, lampu stand dan gantung, relief, patung, khutbah masjid, dan masih banyak lagi produk lainnya yang dihasilkan. Semua produk dibuat oleh pengrajin atau seniman dibidangnya sehingga, kualitas produk kerajinan terlihat lebih baik dengan detail design yang diperhatikan pada setiap prosesnya.

Industri ini menghasilkan produk dari material tembaga dan kuningan mulai dari skala dengan ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar. Mereka juga menghasilkan produk dari material aluminum dan produk yang dihasilkan hampir sama dengan produk dari material tembaga dan alumunium..

AA art gallery bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang mencari berbagai macam jenis produk dari tembaga, kuningan, dan alumunium untuk dijadikan hiasan interior atau eksterior masjid, rumah, dan lain-lain. Disini juga bisa tersedia produk kerajinan yang sudah siap stock dan juga bisa melakukan pemesanan custom sesuai dengan keinginan pemesanan.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai pengarajin tembaga dan kuningan di wilyah Jogja dan sekitarnya semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan juga menjadi referensi dalam mencari produk kerajinan dengan material tembaga dan kuningan dan Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply