Kreasi Olahan Madu Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah

  • by

Olahan madu menjadi salah satu olahan rekomendasi yang tidak hanya lezat namun juga sehat. Di samping lezat dan sehat madu termasuk bahan alami yang bisa dipadukan dengan berbagai macam sajian, mulai dari makanan berat, makanan ringan sampai dengan berbagai variasi minuman baik hangat maupun dingin.

Madu sendiri merupakaan salah satu obat herbal alami sekaligus bahan baku masakan juga minuman yang dihasilakan dari lebah. Madu dipercaya ampuh membantu dalam mengobati berbagai macam penyakit. Baik penyakit dalam maupun penyakit luar. Tak heran jika madu menjadi salah satu bahan atau instrumen pendukung baik dalam dunia kuliner maupun kesehatan yang sangat populer.

Olahan Madu (Makanan)

Ada cukup banyak resep makanan yang memadukan berbagai bahan dasar dengan madu. Berikut ini kami rangkum lima resep olahan dengan paduan madu yang bisa kamu coba di rumah.

Selain lezat, madu juga kaya akan khasiyat. Sumber : Unsplash
Selain lezat, madu juga kaya akan khasiyat. Sumber : Unsplash

1. Cake Madu Kismis

Untuk para pecinta olahan manis, cake madu kismis sangat cocok untuk Kamu coba di rumah. Terutama untuk anak-anak yang umumnya sangat menggemari segala macam olahan yang berbau manis. Tapi tenang, karna olahan manis tidak selalu mengandalkan gula. Tapi Kamu masih bisa mengandalkan manis alami dari madu yang juga kaya akan khasiyat.

2. Pisang Bakar Madu

Jika kamu pecinta buah-buahan, dan bosan dengan pola sajian yang monoton. Berarti Kamu perlu untuk sesekali mencoba cara lain dalam menyajikan berbagai macam buah tersebut dalam sajian yang unik. Salah satunya adalah buah pisang. Ya, untuk pisang kamu bisa membuat kreasi pisang bakar dengan aluran madu. Kamu hanya perlu membelah menjadi dua bagian dalam irisan panjang, lalu sambil dibakar pisang tersebut beberapa kali diolesi dengan madu.

3. Udang Bakar Madu

Udang Bakar Madu . Sumber : resepkoki.id
Udang Bakar Madu . Sumber : resepkoki.id

Nah, kalau alternatif sebelumnya adalah pisang bakar. Kali ini Kamu bisa coba udang bakar dengan kombinasi madu. Yang perlu untuk kamu persiapkan adalah udang yang sudah terlebih dahulu dikupas dan dicuci dengan bersih, jeruk nipis, garam, mentega, kecap manis, saus tomat, madu dan juga saus sambal. Siapkan juga sejumlah tusuk sate untuk mempermudah proses pemanggangan.

4. Honey-roasted Root Vegetables

Untuk varian sehat dengan kombinasi madu kamu bisa coba honey-roasted root vegetables. Ada cukup banyak pilihan jenis sayuran yang bisa dikombinasikan. Antara lain ada wortel, ubi, kentang, tomat, serta sayur-sayuran lainnya sesuai dengan selera. Kamu perlu memotong-motong dahulu berbagai sayuran yang sudah dipilih dalam bentuk potongan dadu. Selanjutnya siap untuk dipanggang hingga berubah warna menjadi kecoklatan dengan terlebih dahulu di lumuri dengan madu.

5. Ayam Bakar Madu

Kembali ke opsi makan berat. Ada olahan ayam bakar madu yang merupakan salah satu kuliner Jogja dan bisa kamu coba di rumah. Dari opsi olahan dengan kombinasi madu sebelumnya, olahan ayam bakar dengan kombinasi madu yang satu ini relatif lebih banyak membutuhkan instrumen bumbu dapur.

Pertama-tama tentu saja perlu berapa potong ayam dengan potongan yang menyesuaikan dengan selera, lengkuas, jahe, asam jawa, gula jawa, penyedap rasa,garam, madu dan air. Selajutnya kamu juga masih memerlukan bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar dan lada.

Ayam Bakar madu. Sumber : topwisata
Ayam Bakar madu. Sumber : topwisata

Langkah pertama tumis bumbu yang sudah dihaluskan yaitu lengkuas dan jahe, tumis hingga beraroma wangi. Lalu masukkan juga potongan ayam yang telah siap hingga matang dan tambahkan air hingga ayam tampak terendam. Lanjut masukkan gula jawa, asam jawa, garam, madu dan penyedap rasa lalu tutup. Jika sudah dirasa cukup maka tiriskan dan olahan ayam tersebut siap untuk dibakar dengan olesan jeruk nipis, margarin, kecap manis dan tentu saja madu.

Olahan Madu (Minuman)

Untuk teman bersantai di rumah dalam kondisi cuaca sedang panas, minuman segar menjadi yang paling faforit bagi kebanyakan orang. Apalagi jika minuman teersebut tidak hanya segar namun juga sehat dan lezat. Minuman segar dan sehat semacam ini secara tradisional kita kenal dengan istilah jamu.

1. Honey Lime Tea

Honey lime tea sangat di samping sangat cocok untuk menemani siang siang hari kamu, juga sangat mudah dan cepat dalam pembuatannya. Pertama kamu perlu siapkan teh seduh, lemon, gula, madu dan es batu. Jika bahan sudah lengkap, selanjutnya peras lemon, lalu seduh teh dengan air hangat dan diakan selama 3 menit. Setelah itu campurkan perasan lemon dengan gula dan juga madu ke dalam larutan teh. Terakhir tambahkan es batu agar kamu bisa mendapatkan kesegaran maksimal.

2. Sirup Madu

Siapa sangka, madu juga bisaa diolah menjadi sirup yang sehat dan menyegarkan. Sirup madu juga tidak kalah dengan berbagai jenis sirup mainstream hari ini. Untuk bisa menjadi sajian sirup, rebuslah 500 ml air dengan 200 gram gula pasir. Tambahan madu, vanilla bubuk lalu aduk hingga merata. Setelah dirasa cukup, matikan api lalu tunggu hingga dingin. Terakhir simpan dibotol tertutup dan habiskan dalam jangka waktu kurang dari tiga bulan.

3. Jus Hijau dan Madu

Jus Hijau kombinasi madu. Sumber : idntimes
Jus Hijau kombinasi madu. Sumber : idntimes

Resep yang ketiga ada jus hijau madu. Resep yang satu ini juga tidak kalah segar dengan resep sebelumnya. Jus hijau ini berbahan utama sayuran. Meski demikian, tidak mengurangi kelezatan dari sajian jus hijau ini dikarenakan adanya kombinasi langsung dari madu. Untuk pengadaan madu itu sendiri kamu bisa mengandalkan sejumlah produk madu kemasan semisal produk British Propolis atau selainnya.

Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain 100 g brokoli segar, 2 batang seledri besar, 2 buah kiwi hijau, 2 sdm alami lalu potong kecil-kecil. Selain itu siapkan juga 500 ml air jeruk sunkist, es batu secukupnya. Jika bahan sudah siap maka masuk ke tahap pembuatan. Caranya, blender semua sayur-sayuran, tambahkan madu lalu blender lagi, lalu tuang dan tambaahkan es batu.

4. Jus Kurma Madu

Jus kurma termasuk jus yang cukup populer. Namun tetap patut untuk dicoba sendiri di rumah. Terlebih jika dipadankan dengan madu maka akan sangat segar dan kaya akan manfaat bagi kesehatan. Untuk cara penyajiannya sendiri terbilang mudah. Anda hanya perlu memblender 19 butir kurma yang sudah dipisahkan dengan bijinya, 3 sdm madu, 1 sdm susu kental manis, 300 ml air es dan es batu secukupnya.

5. Es Coklat Madu

Dan yang terakhir, siapa yang tak kenal dengan es coklat? tentu saja hampir semua orang kenal. Tapi kali ini es coklat yang dimaksud berpadu dengan kelezataan madu. Madu dalam hal ini juga berfungsi menggantikan peranan gula. Caranya larutkan dan aduk secara merata coklat bubuk dengan air panas, lelehkan dark coklat, panaskan susu, kayu manis, cengkih, dan larutan coklat hingga mendidih lalu sisihkan. Setelah itu tuangkan ke dalam gelas, masukkan susu dan es batu dan es coklat madu siap disajikan.

Nah demikianlah lima olahan makanan dan olahan minuman dengan kombinasi madu yang bisa kamu kreasikan di rumah. Bahkan bisa juga dijadikan sebagai peluang bisnis kuliner. Dalam kuliner kelezatan memang menjadi salah satu faktor penting, namun kesehatan juga tidak boleh dilupakan. Untuk itu mudah-mudahan ulasan kali ini bisa beranfaat. sekian dan terima kasih.

Leave a Reply