Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil?

  • Admin 

Sebagai bagian yang vital, merawat aki tentu menjadi barang paling wajib dilakukan guna menjaga masa pemakaian aki. Tentu terkadang Anda bertanya-tanya berapa lama masa pakai aki mobil Anda dan bagaimana agar aki Anda bisa awet. Untuk menjawab rasa penasaran anda, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Lama Masa Pakai Aki Mobil

Banyak orang mengatakan bahwa masa pakai aki mobil rata-rata 1-2 tahun. Namun jika Anda memiliki mobil dan selama 2 tahun ini aki tidak mengalami kendala, maka itu tandanya aki masih dalam kondisi yang baik. Bisa juga aki mobil Anda rusak padahal umurnya belum ada 1 tahun.

Tentu hal ini membuktikan bahwa sebenarnya lamanya masa pakai aki mobil bergantung pada bagaimana Anda merawat aki mobil itu sendiri. Perawatan yang baik tentu akan menyebabkan aki menjadi awet dan tahan lebih lama.

Berikut ini kami merangkum beberapa faktor yang mempengaruhi lama masa pakai aki mobil anda:

Lamanya Pemakaian Mobil

Mobil apabila jarang dipakai tentu akan menyebabkan aki menjadi soak. Hal ini disebabkan karena masa pengisian aki berlangsung ketika mesin dihidupkan. Jika mobil jarang digunakan tentu akan menyebabkan jarangnya pengisian aki, sehingga menyebabkan aki dalam kondisi kurang baik.

Aki mobil merk GS, sumber ig @planetaccu
Aki mobil merk GS, sumber ig @planetaccu

Tingginya Beban Kelistrikan

Pemasangan aksesoris yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan listrik pada mobil, sementara kapasitas aki mobil sudah disesuaikan dengan kebutuhan listriknya. Dengan beban listrik yang tidak terlalu tinggi, harapannya Anda tidak perlu pergi ke toko aki untuk membeli aki mobil yang baru.

Menyalakan Kelistrikan Mobil Tanpa Menghidupkan Mesin

Salah satu contoh dari kegiatan ini adalah ketika Anda menyalakan audio tanpa menghidupkan mesin yang membuat aki bekerja tanpa adanya suplai arus dari dinamo ampere. Yang menyebabkan aki akan sering tekor dan membuat umur aki menjadi lebih pendek.

Baca juga: Rental Mobil Besar di Indonesia

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan panjang pendeknya masa pakai aki Anda. Jika Anda dapat menghindari kegiatan tersebut, kemungkinan besar aki Anda akan menjadi awet. Ada beberapa tips sederhana untuk memperpanjang umur aki anda, diantaranya adalah usahakan selalu menjaga seluruh komponen kelistrikan dalam keadaan standar, Anda tidak melakukan modifikasi secara berlebihan.

Aki mobil merk Yokohama, sumber ig @akijogja
Aki mobil merk Yokohama, sumber ig @akijogja

Jika Anda akan menyalakan mesin mobil, usahakan Anda mematikan seluruh perangkat yang membutuhkan arus listrik, seperti AC mobil, perangkat audio dan lain sebagainya. Untuk aki tipe basah Anda perlu memastikan selalu rutin mengontrol ketinggian cairan elektrolit aki dan menjaga cairan aki di level max. Kemudian periksa secara rutin tegangan serta arus elternator atau penghambat listrik pada mobil. Segera perbaiki alternator apabila terjadi undercharger atau overcharger.

Itulah ulasan singkat mengenai masa pakai aki mobil. Sebenarnya, semua bergantung pada bagaimana cara Anda merawat aki itu sendiri. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda sebagai pemilik mobil pribadi ataukah sebagai pemilik usaha rental mobil. Selamat merawat aki Anda dengan baik. Salam dari kami. Terima kasih.

Leave a Reply