Berbagai Spot Wisata Alam Jogja yang Menyenangkan

  • Admin 

Jogja memiliki banyak obyek wisata bertemakan ruang hijau serta alam perbukitan yang indah. Mengunjungi alam indah apalagi yang merupakan lokasi wisata dengan berbagai atraksinya bisa menjadi manfaat tersendiri salah satunya untuk menyegarkan pikiran. Namun di tengah kondisi pandemi saat ini, berbagai lokasi ini masih belum dibuka agar kita senantiasa aman.

Jika Anda ingin mengetahui apa saja spot wisata alam yang menarik di Jogja, tidak ada salahnya untuk melihat informasi berikut ini. Siapa tahu, saat nanti setelah bebas dari virus, kita bisa kembali mengunjungi spot wisata Jogja berikut ini.

1. Puncak Becici

Puncak Becici, sumber : Alodia Tour
Puncak Becici, sumber : Alodia Tour

Puncak Becici ini dikenal dengan panoramanya yang indah. Anda bisa melihat deretan pepohonan hijau yang tumbuh dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tidak hanya itu, jika cuaca sedang cerah Anda akan melihat goresan air yang memanjang lurus, itulah garis pantai selatan. Keelokan ini akan Anda jumpai setelah berjalan kaki sekitar 15 menit.

Kawasan Bantul lantai dua ini juga menyuguhkan hal yang spesial ketika sore menjelang. Sinar keemasan mewarnai langit dengan perpaduan gumpalan awan putih. Momen yang pas ketika Anda berada di atas gardu pandang ketika melihat sunset tiba.

Puncak Becici ini menyediakan beberapa gardu pandang yang dapat Anda gunakan untuk melihat keindahan itu. Menikmati senja di hamparan hutan pinus bersama orang terdekat akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

2. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran, sumber : TravelsPromo
Embung Nglanggeran, sumber : TravelsPromo

Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani pada saat musim kemarau. Terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, lokawisata ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Embung Nglanggeran dijadikan objek wisata karena lokasinya yang berada di gunung api purba dan menawarkan pemandangan yang indah dari ketinggian. Lokawisata ini dikelilingi pula oleh perkebunan buah yang ditanam oleh penduduk sekitar serta memberikan tempat yang baik untuk melihat matahari terbenam pada sore hari.

3. Bukit Lintang Sewu

Lintang Sewu, sumber : blackxperience.com
Lintang Sewu, sumber : blackxperience.com

Bukit Lintang Sewu ini berasal ketika pada saat malam hari di bukit ini terlihat ribuan bintang-bintang yang membentang luas di angkasa. Dalam bahasa Jawa, Bukit Seribu Bintang adalah Bukit Lintang Sewu (lintang: bintang, sewu: seribu).

Pemandangan alam yang tidak kalah mempesona membuat Bukit Lintang Sewu ini menjadi tempat favorit bagi pecinta alam. Pada saat menuju bukit, pengunjung akan disuguhkan dengan pepohonan pinus, tetapi saat sampai, pengunjung akan disuguhkan panorama hutan Kayu Putih yang menjadi keunikan tempat wisata ini.

Di atas pohon Kayu Putih ini juga terdapat Burung Alap-alap yang melintas di atas pohonnya. Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan deretan pegunungan seperti Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Menoreh, dan Gunung Merapi.

4. Hutan Pinus Pengger

Pinus Pengger, sumber : TripAdvisor
Pinus Pengger, sumber : TripAdvisor

Hutan Pinus Pengger adalah sebuah wisata instagramable bertemakan alam yang berlokasi di Bantul, Jogja. Selain siang hari, biasanya wisatawan datang pada malam hari, dimana gemerlap lampu yang mempesona. Untuk pemandangan alam di Hutan Pinus Pengger ini cukup bagus. Lanscape bukit, alam dan hiruk pikuk kota Jogja akan terpapang di depan mata.

Ketika pagi sampai siang hari hutan Pinus Pengger ini juga ramai dikunjungi juga. Mulai dari kaum muda mudi, rombongan tour hingga keluarga. Wisata ini berada di bukit dan di kawasan ini tumbuh rimbun pohon pinus. Alhasil, udara dan suasana asri pun masih melekat, cocok untuk bersantai dan berkumpul.

5. Taman Bunga Asri

Taman Bunga Asri, sumber : Wedang Kopi Prambanan
Taman Bunga Asri, sumber : Wedang Kopi Prambanan

Masih sama berada di daerah Bantul, Taman Bunga Asri ini merupakan deretan wisata bantul dengan latar belakang taman bunga warna-warni dan nuansa alam hijau. Kawasan ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi untuk Anda yang suka berfoto dan buat Anda yang ingin menjauh sejenak dari suasana keriuhan kota. Untuk Anda yang ingin memiliki taman bunga sendiri di rumah, kunjungi jasa taman Jogja.

Taman Bunga Asri ini berada di Jalan Lintas Selatan, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi, Anda membutuhkan waktu sekitar 44 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermula dari titik awal kota Jogja dengan jarak kurang lebih 25 Kilometer.

Akses menuju lokasi cukup mudah dijangkau. Beberapa kilometer sebelum sampai lokasi kamu akan dibawa melewati jalanan dengan pemandangan khas pedesaan yang sungguh mendamaikan dan juga aroma laut yang akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan.

Buat Anda yang ingin masuk ke obyek wisata satu ini dan foto-foto, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 5.000 per orang. Berada disini, kamu akan dimanjakan oleh hamparan taman bunga warna-warni dan nuansa alam hijau, serta sejumlah spot foto yang instagramable akan membuat feeds Instagram kamu semakin cantik.

Itu dia berbagai informasi seputar lokasi wisata alam di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Tentu saja apabila spot wisata telah dibuka dan situasi telah aman dari paparan virus. Simak berbagai informasi wisata dan sewa mobil lainnya di halaman safara Jogja.

Leave a Reply