Destinasi Wisata Berhawa Sejuk di Jogja Yang Bisa Kita Nikmati

  • Admin 

Berwisata ke Jogja adalah idaman dari kita semua. Kota dengan propinsi terkecil kedua setelah Jakarta ini tedapat banyak sekali tempat wisata. Bagaimana tidak mebuat kangen, kota wisata, kota pelajar sekaligus kota budaya ini memiliki beragam jenis tempat wisata dengan penduduk yang terkenal ramah.

Pagi hari di Suroloyo. Sumber IG @ wisatasuroloyo_gerbosari

Biasanya wisatawan berkunjung ke Jogja bersama keluarga dengan menyewa kendaraan. Banyaknya tempat sewa mobil Jogja menjadi surganya wisata. Baik wisata budaya, wisata kuliner dan wisata kekinian. Panasnya suasana kota Jogja seakan tak menyurutkan wisatawan untuk mendatangi berbagai tempat wisata di Jogja.  Meskipun di Jogja

suasananya panas dengan suhu rata-rata di atas 30 derajat celcius, akan tetapi di Jogja masih terdapat beberapa destinasi wisata yang memiliki suhu sejuk. Berbeda dengan di Kota Jogja, tempat wisata ini berhawa sejuk. Dimanakah itu

Tempat wisata Jogja berhawa Sejuk

Wisata Kaliurang

Kaliurang berada di lereng merapi, karena berada di kawasan dataran tinggi maka suhu di Kaliurang cenderung dingin. Selain itu lereng merapi terdapat vegetasi tumbuhan yang rindang dan masih luas terjaga. Sehingga udara di area kaliurang segar dan sejuk. Untuk menuju kesana jugfa sangat mudah. Dari pusat kota jogja carilah jalan Kaliurang yang berada di seputaran UGM. Jika sudah ketemu kita tinggal susuri jalan itu ke utara sampai mentok.

Wisata kaliurang menyediakan taman bermain, area outbond atau bumi perkemahan. Jika kita bersama keluarga kita bisa menyewa rumah yang disewakan. Semacam homestay yang bertebaran di kaliurang. Atau bisa juga meyewa gedung pertemuan jika kita ada keperluan untuk melaksanakan pertemuan organisasi, komunitas atau perusahaan.

Wisata Pantai Goa Cemara

Pantai hawanya sejuk? Nggak salah nih?. Tentu tidak. Pantai Goa Cemara berada di deretan pantai selatan Jogja dekat dengan pantai Baru dan Pantai Kuwaru. Memang hawa pantai selatan Jgja panas, akan tetapi jika kita pernah ke Pantai Goa Cemara kita akan merasakan hal lain. Disana banyak sekali di tumbuhi pohon cemara yang besar-besar.

Banyaknya pohon cemara inilah yang mejadikan pantai Goa Cemara lebih sejuk dari pantai lain di Jogja. Karena kesejukannya inilah wisata pantai di Goa Cemara sangat digemari masyarakat. Pantai ini sangat cocok dinikmati dengan keluarga tercinta. Dengan membawa tikar dan makanan, kita bisa menikmati deburan ombak pantai selatan di bawah rimbunnya pohon cemara.

Wisata Puncak Suroloyo

Jika kita pernah melihat hamparan kebun teh di daerah Jawa Barat itu biasa. Tetapi mungkin kita belum pernah melihat kebun teh di Jogja. Hamparan kebun teh akan kita temui jika kita berwisata ke puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo berada di kabupaten Kulon Progo, kabupaten paling barat dari propinsi yang dipimpin seorang raja ini.

Karena berada di ketinggian, maka suhu di Puncak Suroloyo reltif sejuk. Jika rata- rata suhu di daerah Bantul atau kota Jogja berkisar 30 derajat celcius, puncak Suroloyo dan sekitarnya bersuhu sekitar 27 derajat celcius. Dari ketinggian inilah kita bisa melihat pemandangan Jogja dari atas, atau jika kita melewati malam di puncak Suroloyo, kita bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise.

Merapi dari gardu pandang Kaliurang. sumber IG @kaliurang_jogja

Menarik bukan? Di ketiga tempat ini Kita bisa menikmati kesejukan dan meninggalkan hingar bingar empat wisata Jogja yang banyak dikunjungi wisatawan dan padat pengunjung. Akan lebih bagus jika kita ke destinasi wisata yang berhawa sejuk ini bersama keluarga. Kita bisa menyewa mobil dengan kapasitas jumbo semacam hiace atau elf untuk menuju destinasi wisata ini. Tempat sewa hiace di jogja juga banyak bertebaran. Maka monggo ditunggu kehadiranya.

Leave a Reply