Sentra Produsen Batik di Jogja Rekomended

  • by

Produsen Batik di Jogja РBatik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain atau motif maupun prosesnya. Corak ragam batik yang penuh dengan makna dan filosofi akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya di Indonesia.

Motif batik adalah corak atau pola. Motif adalah suatu corak yang di bentuk sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu bentuk yang beraneka ragam. Motif batik adalah corak atau pola  yang menjadi kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan.

Motif-motif batik itu antara lain adalah motif hewan, manusia, geometris, dan motif lain. Motif batik sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang. Membatik merupakan tradisi turun-menurun. Karena itu, sering motif batik manjadi ciri khas dari batik yang diproduksi keluarga tertentu.

Jalan-jalan ke Jogja rasanya belum lengkap kalau belum belanja batik. Jogja sebagai salah satu pusat kebudayaan di Jawa, ada banyak sentra penghasil batik di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Dan rata-rata, seluruh tempat tersebut menjual aneka batik dengan motif yang beragam.

Selain terkenal dengan keratonnya, Jogja juga terkenal dengan sentra produsen batiknya. Ada 5 tempat rekomended yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan batik idamanmu.
Ilustrasi proses produksi batik, sumber: pingpoint.co.id

Harganya pun cukup bersaing jika dibandingkan dengan harga kain batik di kota besar lainnya. Nah, bagi Anda yang gemar dengan seragam batik, baik batik tradisional atau batik modern, maka Jogja adalah tempat yang tepat untuk Anda datangi. Berikut rekomendasi 5 tempat sentra batik di Jogja yang bisa Anda kunjungi.

5 Tempat Sentra Produsen Batik di Jogja

Rasanya kurang lengkap jika traveling ke Yogyakarta tanpa mampir untuk membeli batiknya yang khas. Sama seperti Solo, kota Yogyakarta juga identik dengan batik. Kemunculan batik di kota Gudeg sendiri sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Islam. Kota ini memlliki ragam motif yang khas dengan makna dan dan filosofi tertentu.

Baca juga: Pathuk Jogja ternyata nama kampung

Nah, jika kamu lagi jalan-jalan ke Yogyakarta, kamu bisa belanja di beberapa sentra batiknya. Yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan tentu kawasan Malioboro. Di sepanjang jalan tersebut, terdapat banyak banget penjual batik dengan harga terjangkau. Kamu pun dapat menawarnya hingga mendapat harga terbaik.

1. Mirota Batik

Dikenal dengan sebutan Mirota Batik, tempat ini sebenarnya bernama Hamzah Batik. Mirota Batik berada di seberang Pasar Beringharjo dan menjadi langganan banyak orang dalam mencari batik. Jika berbelanja di sini, Anda pun tidak perlu lagi menawar karena harganya sudah harga pas.

Mirota Batik berada di seberang Pasar Beringharjo dan menjadi langganan banyak orang dalam mencari batik.
Mirota batik, sumber: phinemo.com

Belanja di Mirota Batik rasanya pasti nyaman karena berada di dalam gedung berpendingin udara. Aroma dupa yang khas pun akan menemani Anda dalam memilih batik di tempat ini. Selain batik, Mirota juga terkenal dengan berbagai kerajinan tradisional, seperti patung, miniatur candi, wayang, dan sebagainya.

2. Pasar Beringharjo

Mau mendapat baju batik dengan harga murah meriah? Langsung aja datang ke Pasar Beringharjo. Dengan wisata belanja batik di sini, Anda bisa menawar harga, sehingga bisa mendapat harga lebih murah lagi. Pasar tradisional ini telah berdiri secara permanen sejak 1925.

Baca juga: Bisnis online paling populer di Jogja

Sudah lama sekali, ya! Hingga kini, pasar tersebut tidak pernah sepi. Selain batik, di pasar ini Anda juga bisa berbelanja sayur dan buah seperti halnya pasar tradisional pada umumnya. Kamu pun dapat menikmati jajanan pasar dan makanan tradisional serta berbelanja kerajinan tangan yang unik di sini.

3. Batik Yudhistira

Tempat belanja batik di Jogya yang satu ini menyediakan batik grosiran bahkan pembelian partai besar. Jika Anda mau kulakan batik atau ingin membeli banyak batik untuk oleh-oleh liburan maupun seragam sendiri, pas banget nih, jika belanja di Batik Yudhistira yang berlokasi di Jalan Taman Siswa, Mergangsan ini.

Tempat belanja batik di Jogya yang satu ini menyediakan batik grosiran bahkan pembelian partai besar.
Produk batik yudhistira, sumber: youtube.com

Soal harga, jangan ditanya, deh. Pastinya dengan membeli grosiran Anda akan mendapat harga terbaik yang super murah disini. Tapi tentu saja disesuaikan juga dengan kualitasnya, ya.

4. Kampung Batik Giriloyo

Ingin berburu batik tulis dengan motif khas Yogyakarta yang indah dan sarat sejarah? Datang saja langsung ke Kampung Batik Giriloyo yang terletak di daerah Imogiri. Kampung batik ini tidak hanya banyak didatangi wisatawan lokal tapi juga menjadi favorit para turis mancanegara.

Diperkirakan kerajinan batik tulis telah masuk ke daerah Giriloyo sejak abad ke-17. Secara turun temurun, penduduk Giriloyo yang menjadi buruh dan pengrajin batik hanya menjual batik setengah jadinya ke kota. Namun, sejak 2006, dibentuklah kelompok-kelompok pengrajin batik hingga pada akhirnya masyarakat mampu berdikari, dari membuat hingga memasarkannya di Giriloyo.

Baca juga: Makam bersejarah yang ada di Jogja

Jika ke Kampung Batik Girioyo, jangan lewatkan untuk menikmati paket wisatanya dengan mengikuti workshop pembuatan batik. Anda akan diajarkan bagaimana proses membuat batik dari mencanting, merendam bahan dengan pewarna, merebus, hingga mencuci dan menjemurnya sampai jadi. Wisata batik ke Kampung Batik Giriloyo pasti sangat menyenangkan, apalagi Anda bisa sekaligus refreshing sambil menikmati hamparan sawah dan bukit yang luas.

Kampung batik ini tidak hanya banyak didatangi wisatawan lokal tapi juga menjadi favorit para turis mancanegara.
Tampilan kampung batik Giriloyo, sumber: jogja.tribunnews.com

5. Kampung Ngasem

Berburu batik di Yogyakarta juga bisa Anda lakukan di Kampung Ngasem yang terletak di dalam kawasan keraton. Kampung batik ini ternyata sudah ada sejak tahun 70-an, lho. Di tempat ini ada banyak sekali toko batik yang menjajakan kain batik maupun pakaian jadi dan juga pernak-pernik dengan bahan batik.

Kamu bisa menelusuri Ngasem dengan jalan kaki atau naik becak. Berbagai pilihan batik tulis dan batik cap ada di sini. Harganya pun relatif terjangkau, lho. Meski berupa toko, Anda tetap bisa menawar harga di sini. Jadi tempat ini sangat rekomended untuk jadi daftar tempat yang Anda kunjungi selama di Jogja.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Jogja untuk mencari keunikannya, batik bisa menjadi salah satu diantaranya. Selain untuk pemakaian pribadi mungkin Anda sedang membangun bisnis batik, ada tips yang bisa Anda lakukan agar bisnis tersebut cepat berkembang. Salah satu metode yang sudah banyak di gunakan sekarang adalah dengan membuat website bisnis.

Website bisnis ini berfungsi untuk mempromosikan produk batik atau sebagai platform yang menjembatani komunikasi antara pemilik bisnis dengan para konsumen, dan masih banyak lagi manfaat yang ada pada website. Jika Anda ingin membuat website, jasa pembuatan website toko online bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Nah, itulah 5 tempat sentra produsen batik di Jogja terekomended yang bisa paparkan, semoga informasi dalam tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian dan semoga bisa meningkatkan rasa cinta kita pada kearifan lokal Negeri kita untuk terus dilestarikan dan diinovasikan.

Leave a Reply