Tips Membeli Oleh-Oleh Untuk Anda Yang Hobi Berwisata

  • by
tips membeli oleh oleh

Tips membeli oleh-oleh berikut ini bisa jadi panduan kamu dalam memilih oleh-oleh saat sedang liburan atau sedang melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Biasanya sebelum kita akan melakukan perjalanan jauh-jauh orang-orang terdekat kita seperti sahabat maupun keluarga ada yang menitip oleh-oleh yang unik dan sulit ditemukan di daerah mereka. Meskipun orang-orang terdekat tidak meminta oleh-oleh pun rasanya kurang lengkap jika kita tidak membawa sesuatu untuk mereka sepulang perjalanan.

Membawa oleh-oleh atau buah tangan selepas melakukan perjalanan telah menjadi sebuah budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Dengan melakukan kebiasaan ini persahabatan dan kasih sayang antar keluarga akan semakin harmonis dan hangat.

Saat kamu mendapatkan oleh-oleh dari orang terdekat kamu selepas ia bepergian, hal ini menunjukkan bahwa orang terdekat kamu tersebut peduli dan sayang kepada kamu. Meskipun nampaknya terdengar simpel, faktanya tidak semua orang memiliki kahlian dalam berbelanja terutama memilih dan membeli oleh-oleh yang efektif dan efisien.

Seringkali banyak orang mengeluhkan waktu membeli oleh-oleh terasa memusingkan dan melelahkan karena kurangnya melakukan beberapa persiapan. Tak hanya liburan saja yang perlu melakukan persiapan dan perhitungan, urusan membeli oleh-oleh pun perlu persiapan dan perhitungan. Agar kamu tidak pusing menyiapkan rencana belanja oleh-oleh, yuk simak tips memilih oleh-oleh seperti berikut ini!

Tips Membeli Oleh-Oleh

Apabila anda sedang berlibur ke jogja dan membeli cukup banyak oleh-oleh anda juga dapat lhoo menggunakan perusahaan jasa cargo jogja untuk mengirimkan oleh-oleh anda agar tidak memberatkan perjalanan pulang anda.

1. Pilih Barang Yang Menjadi Ciri Khas Destinasi Wisata Anda

Setiap daerah memiliki budayanya tersendiri sehingga oleh-oleh lokal khas setiap daerah akan menjadi keunikan tersendiri. Kamu bisa melakukan riset apa saja oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di daerah yang akan kamu kunjungi. Karena bisa jadi bahwa ikon unik dari tempat wisata itu menjadi perbedaan tinggal di desa dan kota. Apabila anda memiliki destinasi wisata yang di daerah pedesaan

Dengan melakukan riset jauh-jauh hari maka Anda dapat mempersiapkan jadwal liburan anda termasuk destinasi wisata belanja yang perlu anda kunjungi. Contohnya jika anda memiliki agenda liburan ke Yoyakarta maka anda dapat menyempatkan diri untuk mengunjungi Bakpia Pathok sebagai buah tangan sebelum anda pulang.

Oleh oleh khas Yogyakarta Sumber: https://belibakpia.com/

2. Siapkan Biaya Oleh-Oleh Sejak Awal

Tips memilih oleh-oleh yang kedua adalah mengatur keuangan anda dan menyesuaikan oleh-oleh yang akan anda beli dengan budget yang anda miliki. Tips memilih oleh-oleh ini penting anda lakukan sehingga anda memiliki dana khusus yang kemudian akan anda gunakan untuk membeli oleh-oleh di luar dana liburan. Jangan sampai liburan anda jadi terganggu karena anda belum menyisihkan dan memperhitungkan dana khusus oleh-oleh ya.

Dengan mengikuti tips memilih oleh-oleh berikut ini anda akan menjadi lebih mudah dalam berbelanja oleh-oleh. Dana khsus belanja oleh-oleh tersebut pun akan menjadi patokan dana maksimal yang bisa anda keluarkan sehingga anda akan menjadi lebih waspada dan menghindari membeli barang di luar budget. Dengan begitu anda tidak akan memaksakan diri membeli oleh-oleh di luar kemampuan anda dan liburan anda pun akan tetap berjalan dengan aman tanpa khawatir kekurangan dana.

tips membeli oleh oleh
Selalu siapakan anggaran khusus Sumber: https://koinworks.com/

Selain memperhitungkan dana khusus oleh-oleh siapkan juga catatan kecil berupa seberapa banyak orang yang akan anda berikan oleh-oleh. Dana khusus oleh-oleh tersebut kemudian dapat disesuaikan dengan jumlah orang yang akan anda berikan oleh-oleh sepulangg liburan. Tips memilih oleh-oleh yang bisa anda lakukan untuk menyiasati dana khusus oleh-oleh untuk jumlah orang yang banyak adalah dengan membeli pernak-pernik dengan harga terjangkau.

Anda bisa membeli gantungan kunci, magnet kulkas, dompet, kain, maupun tas kecil sebagai oleh-oleh, Umumnya pernak-pernik tersebut mudah anda temukan di sekitar destinasi wisata dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dan memperhitungkan dana khusus oleh-oleh ini sebelum liburan ya!

Baca Juga : 9 Rekomendasi Tukang Las Area Jogja Terpercaya

3. Perhatikan Kadaluarsa Untuk Makanan dan Minuman

Tips memilih oleh-oleh berikutnya yang wajib kamu perhatikan adalah tanggal kadaluwarsa barang atau makanan yang akan kamu beli. Umumnya makanan terutama makanan basah memiliki usia yang singkat. Jika sudah begitu maka makanan tersebut tidak cocok kamu beli untuk oleh-oleh terutama jika waktu perjalanan pulang termasuk panjang. Beberapa produk makanan, obat-obatan, skincare pun terkadang dijual dengan harga murah karena usia pakainya mendekati tanggal kadaluwarsa.

Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk melakukan perhitungan kapan oleh-oleh tersebut akan sampai di tangan penerimanya. Perhatikan juga setiap label kadaluwarsa barang yang akan kamu beli. Jika kamu akan membeli  makanan sebagai oleh-oleh kamu dapat bertanya kepada sang penjual terlebih dahulu. Tanyakan kepada penjual berapa lama makanan tersebut dapat bertahan di suhu ruangan. Hal ini mengingat kamu akan membawa makanan tersebut di luar suhu lemari pendingin selama perjalanan. 

tips membeli oleh oleh
Perhatikan kadaluarsa untuk oleh oleh yang anda beli Sumber: https://www.grid.id/

4. Perhatikan Berat Oleh-Oleh

Tips memilih oleh-oleh yang ketiga yang bisa kamu lakukan adalah memerhatikan berat dan ukuran oleh-oleh sebelum kamu memutuskan membelinya. Ukuran dan berat oleh-oleh yang akan kamu beli sangat penting karena akan memengaruhi cara kamu membawanya pulang. Tentu akan terasa lebih mudah jika kamu pergi beliburan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Baca Juga : Sentra Produsen Batik di Jogja Rekomended

Namun membawa oleh-oleh berukuran besar maupun berat akan menyulitkan kamu jika kamu menggunakan transportasi umum. Beberapa transportasi umum seperti pesawat, bus, dan kereta pun memiliki standar ukuran bagasi tertentu untuk setiap penumpangnya. Jangan sampai oleh-oleh yang telah kamu beli dan kamu bawa melebihi standar ukuran bagasi. Jika hal ini terjadi maka kamu bisa dikenai biaya tambahan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membeli oleh oleh. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat Selamat membaca dan Terimakasih

Leave a Reply