Makam Bersejarah Yang Ada di Jogja

  • by

Mendengar kata Jogja, pasti muncul dalam sebagian besar benak kita adalah wisata alam yang menarik dan budaya yang eksotik. Seperti pantai parangtritis, Malioboro dan lain lain. Kota jogja memang kota yang dipenuhi dengan destinasi wisata . Tapi apakah anda tahu tentang wisata selain wisata wisata tadi? Masih banyak tempat wisata yang tersembunyi di kota jogja.

Dan diantara beberapa wisata yang masih belum sepenuhnya diketahui oleh banyak orang adalah wisata makam bersejarah yang berada di kota yang penuh dengan tempat wisata ini.

wisata makam merupakan hal yang digunakan sebagai bentuk Menghormati leluhur menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jawa, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Walau telah lama meninggalkan alam dunia, namun masyarakat meyakini arwah orang yang telah meninggal tetap berada di bumi ini hingga nanti akhirnya bernar-benar menghadap Sang Pencipta.

Masyarakat juga meyakini suatu makam akan memiliki kekuatan gaib sesuai dengan jasad yang dikebumikan di dalamnya. Tak heran jika kemudian banyak kuburan dikeramatkan warga hingga mereka berbondong-bondong untuk melakukan ziarah di tempat itu. dan juga temat itu dianggap sebagai bangunan bersejarah di jogja

kota Yogyakarta sumber:https://ayoyogya.com/

Berikut adalah bebrapa makam yang sering dijadikan wisata religi :

1. Makam Raja di Imogiri

Dalam peristiwa sejarah yang ada di Jogja, Kerajaan Jogja sempat beralih dari Kerajaan Hindu menjadi Kerajaan Mataram Islam. Nah, Imogiri adalah salah satu tempat yang menjadi peninggalan bersejarah Kerajaan Mataram Jogja. Di sini dimakamkan semua Sultan yang pernah menjadi pemimpin Kerajaan Mataram Jogja.

Uniknya, lingkungan pemakaman di Imogiri ini begitu lestari dan indah alamnya. Ditambah dengan bangunan makam yang juga khas serta beberapa acara tradisional yang juga sering diadakan di lokasi, tempat ini menjadi salah satu wisata religius yang ada di Jogja.

Makam Imogiri dibangun pada tahun 1632 oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan keturunan dari Panembahan Senopati Raja Mataram I. Makam ini terletak di atas perbukitan yang juga masih satu gugusan dengan Pegunungan Seribu.

wisata makam raja imogiri sumber: https://wisatarumahjiwa.com/

2. Makam Syekh – Jumadil Kubro Turgo Merapi

Tidak jauh dari kawasan desa Turgo, terdapat makam (petilasan) yang dikeramatkan dengan nama makam Kyai Turgo, yang nama aslinya kemungkinan adalah Syekh Jumadil Qubro. Makam yang terletak 1.000 meter dari puncak Bukit Turgo ini selain berfungsi sebagai tempat wisata, juga berfungsi sebagai monumen peninggalan sejarah.

Dalam pendakian menuju makam Kyai Turgo, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam lereng Gunung Merapi, padang sabana hijau yang bertemu dengan jurang Kali Boyong, dan gua bekas peninggalan tentara Jepang yang disebut Gua Jepang yang digunakan sebagai penjagaan wilayah Yogyakarta. Sesampainya di puncak, terdapat bangunan utama makam Kyai Turgo yang berwarna merah muda dengan lantai berwarna hitam, sedangkan di bagian utara bangunan terdapat tulisan silsilah keturunan Syekh Jumadil Qubro yang berasal dari generasi keenam keturunan Nabi Muhammad dari Husein

3. Makam Syekh Maulana Maghribi

Makam Syekh Maulana Maghribi menjadi salah satu tempat ziarah yang menarik untuk dikunjungi. Selain nilai religinya, tempat ini memiliki struktur bangunan yang unik salah satunya ratusan anak tangga yang harus dilewati untuk sampai menuju makamnya.

Syekh Maulana Maghribi diyakini sebagai salah satu yang paling awal menyebarkan agama Islam di Yogyakarta. Bahkan dikatakan bahwa beliau sudah sampai sebelum walisongo. Karena itu, beliau menjadi salah seorang yang dihormati karena jasanya sehingga makamnya sering dikunjungi sebagai napak tilas.

Baca Juga : 5 Prosedur Dalam Pembelian Rumah Berubsidi Yang Harus Kalian Lakukan

Makam syeh Maulana Maghribi terletak di atas sebuah bukit di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Untuk berziarah ke makam, pengunjung harus naik melewati ratusan anak tangga. Makamnya berada di puncak. Setiap malam Jumat dan Selasa Kliwon, makam Syeh Maulana Maghribi di Parangtritis ramai dikunjungi oleh peziarah dari pelbagai daerah. Terlebih, ketika penanggalan Jawa memasuki bulan ruwah. Peziarah tidak pernah sepi.

4. Makam Syekh Belabelu

Makam ini berlokasi di Jalan Parangtritis KM 27 atau berjarak sekitar 2 km sebelah barat laut dari Pantai Parangtritis. Tidak sulit untuk mencapai makam tersebut karena ada gapura di pinggir jalan yang menunjukkan lokasinya. Kompleks makam berada di atas sebuah bukit kurang lebih pada ketinggian 250 m. Namun jangan khawatir kita akan disuguhkan pemandangan pantai selatan yang indah, sehingga tidak akan terasa capek untuk menuju ke makam.

Konon Syekh Bela Belu merupakan nama samaran dari Raden Dhundum. Beliau merupakan bangsawan Majapahit yang melarikan diri pasca runtuhnya pada abad ke-16. Bersama adiknya, Raden Dhander menjadi Dami Aking, beliau mengubah nama untuk menyembunyikan identitasnya. Akhirnya mereka berdua wafat dan dimakamkan di tempat tersebut. Di kompleks makam ini disediakan fasilitas tempat istirahat dan toilet. Sehingga kita bisa beristirahat sejenak setelah menaiki beberapa puluh anak tangga.

Makam Syekh Bela belu sumber: https://www.aroengbinang.com/

5. Makam Panembahan Seloning

Lokasi makam berada sekitar 1 km sebelah utara Pantai Parangtritis. Dibanding makam yang lain, makam ini kurang terkenal. Namun tak kalah keramat dan menarik dari makam yang lain. Tidak ada petunjuk dan gapura seperti makam-makam sebelumnya namun sudah bisa ditemukan lewat google maps.

Konon beliau juga merupakan bangwasan Majapahit yang menyingkir dari kraton. Beliau lebih dahulu tiba di pantai selatan Jawa daripada Raden Dhundum dan adiknya. Bahkan ketika mereka berdua tiba, segera berguru kepada beliau. Di lokasi makam pengunjung disediakan tempat menginap dan toilet namun tentu harus seizin pengelolanya.

Jadi itulah beberapa makam yang dijadikan destinasi wisata di kota jogja. dan selain tempat itu di jogja anda juga dapat melihat lihat keranda mayat stainless. semoga artikel di atas dapat membuat anda tertarik untuk berwisata ke jogja. Dan jangan lupa baca artikel kami seputar Daftar Jasa Reklame Jogja Yang Belum Banyak Diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply