Ragam Kerajinan Tangan Dari Bahan Alam

  • oleh

Kerajinan tangan dari bahan alam tentu sangat melimpah di negara yang kaya akan sumber daya alamnya ini. Bahan alam yang bisa digunakan untuk kerajinan tangan di Indonesia saking banyaknya jadi mudah  kita jumpai.

Mulai dari kekayaan alamnya yang berada di darat, seperti tanah liatnya yang bisa untuk buat kerajinan tangan berupa teko atau kendi. Kerajinan tangan dari bahan alam berupa tanah liat ini cukup banyak jenisnya.

Seperti kerajinan tangan berupa celengan yang berbahan dasar tanah liat. Kemudian ada juga kerajinan asbak, vas bunga, keramik, genteng dan masih banyak lagi. Termasuk kerajinan gelas dan piring yang sering kita pakai itu.

Semua kerajinan tangan dari bahan alam itu berbahan dasar tanah liat. Belum juga dengan kerajinan tangan dari bahan alam yang bersumber dari laut. Seperti cangkan kerang atau siput yang bisa dijadikan souvenir. Bahkan ada juga yang bekas tulang ikan laut dijadikan barang antik.

Ilustrasi gambar kerajinan tangan diambil diambil dari unsplash

Kerajinan Tangan dari Tanah Liat

Kerajinan tangan bahan alam kali ini adalah tanah liat. Sifatnya yang elastis dan plastis pada tanah liat ini membuatnya mudah dibentuk. Tanah liat banyak digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Tentu Anda juga sudah sering menjumpai kerajinan yang satu ini.

Misalnya seperti genteng rumah berbahan tanah liat yang sering kita lihat itu. Sifatnya yang elastis dan plastis untuk dibentuk membuatnya mudah dibuat genteng. Ternyata ketika sudah jadi, barang yang terbuat dari bahan ini lebih awet. Tetapi rentan akan tekanan dan benturan, ya contohnya genteng itu sendiri.

Ketika genteng mendapatkan tekanan yang cukup kuat dan benturan keras. Maka genteng itu akan pecah, beda halnya dengan kerajinan tangan berbahan karet atau plastik. Ia akan lebih lentur dan tidak mudah pecah. Tetapi ketika kena api atau panas berlebihan ia akan leleh, masing – masing memiliki daya unggul sendiri.

Selain itu, hasil kerajinan tangan bahan alam lainnya adalah celengan. Tentu buat Anda yang gemar menabung benda yang satu ini sangat dekat denganmu. Ingat ketika masih kanak – kanak bagaimana orang tua kita mengajarkan salah satu sifat terpuji, yaitu menabung.

Dari berbagai bentuk celengan dan warnanya sering dahulu kita temui di toko – toko. Dengan varian warna dan bentuk yang menarik membuat kerajinan tangan ini disukai banyak orang. Tentu anak – anak yang masih belajar menabung.

Selain dari barangnya yang bagus juga menjadi wasilah terbentuknya sifat terpuji pada anak. Dan yang tak kalah pentingnya lagi di era digital ini. Membuat para pengerajin pandai – pandai memasarkan jualannya, salah satunya menggunakan jasa digital marketing.

1. Vas Bunga yang Terbuat dari Tanah Liat

Gambar kerajinan tangan vas bunga diambil dari istockphoto
Gambar kerajinan tangan vas bunga diambil dari istockphoto

Sudah tidak menjadi hal yang asing lagi tentunya barang ini di keluarga kita ya. Kerajinan tangan bahan alam berupa vas bunga yang tampilannya cantik ini. Ternyata juga ada lho pembuatannya dengan bahan dasar tanah liat. Motif dan bentuknya juga berbagai macam bisa kita temui di toko – toko daerah kita.

Dari ukurannya yang kecil hingga besar, dan mulai dari berbagai motif sederhana sampai yang sulit sangat mudah kita temui di pasar. Ukuran dan motif inilah yang membedakan nilai harganya. Tentu jangan lupa juga untuk menyesuaikan ruangan dan budget kita ya.

2. Kerajinan Tangan Asbak

Nah, kerajinan tangan dari bahan alam tanah liat juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat bahkan keluarga kita. Apa lagi para perokok, barang yang satu ini harus selalu ada di sampingnya.

Asbak selain sebagai tempat untuk membuang butung rokok dan abunya. Ternyata juga ada lho yang dijadikan sebagai pajangan saja. Biasanya orang yang menjadikan asbak ini adalah keluarga seniman atau bahkan dirinya sendiri yang seniman. Dan orang yang suka dengan hal – hal klasik.

Tentu barang yang klasik tidak saja hanya asbak, tapi juga banyak. Dan salah satunya adalah keramik yang juga terbuat dari tanah liat. Nah, beruntung banget nih buat kamu yang suka barang klasik. Termasuk membuat tampilan lantai rumah semakin estetik, maka kamu bisa hubungi jasa keramik.

Jenis Kerajinan dari Bahan Serat Alam

Sebenarnya kerajinan tangan dari bahan serat alam ini cukup banyak ya. Memang dengan kekayaan alam negeri kita yang luar biasa ini patut kita syukuri. Ya meskipun, ketimpangan ekonomi pada rakyat sungguh sangat terasa miris.

Terlepas dari itu semua, entah memang kinerja pemerintahnya yang kurang baik. Atau bahkan memang tersistem dibuat seperti itu? Kita disini mencoba untuk melihat peluang seberapa besar sih potensi kekayaan alam kita.

Dari segi kekayaan bahan serat alam yang bisa dijadikan kerajinan tangan, kemudian memiliki nilai ekonomi. Ini menjadi salah satu bukti bahwa kekayaan negeri ini sangatlah melimpah. Tinggal pengelolaannya seperti apa dan bagaimana nantinya.

1. Daun Pandan

Gambar-kerajinan-tangan-daun-pandan-diambil-dari-istockphoto.jpg
Gambar-kerajinan-tangan-daun-pandan-diambil-dari-istockphoto.jpg

Daun pandan merupakan salah satu bahan yang bisa dibuat untuk kerajinan tangan. Tanaman ini berasal dari pantai yang dulu belum banyak dimanfa’atkan. Tapi kini serat daun pandan sudah mulai dilirik oleh para pengerajin diberbagai tempat. Untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan bahan alam yang memiliki nilai ekonomis.

Kerajinan tangan dari bahan alam yang satu ini bisa menjadi topi, sajadah, tikar dan beberapa kerajinan tangan lainnya yang bisa jadi opsi souvenir pernikahan.. Kerajinan tangan dengan bahan serat alam dari daun pandan ini biasa dibuatnya dengan menganyam. Tentu, sebelum itu daunnya dikeringkan terlebih dahulu ya.

2. Serabut Kelapa

Pohon kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang sangat melimpah di Indonesia. Dari pohon kelapa ini hampir seluruh bagiannya dapat dimanfa’atkan oleh manusia. Terutama pada air dan daging kelapanya.

Bahkan mulai dari akar pohon kelapa hingga daunnya bisa dimanfa’atkan oleh manusia untuk kebutuhannya. Seperti batangnya yang bisa digunakan untuk usuk­ atau penyangga rumah. Coba kita lihat penyangga atap rumah kita atau tiangnya. Biasanya menggunakan kerajinan batang pohon kelapa ini.

Nah, tetapi ada yang menarik dan masih terbilang jarang digunakan manusia untuk membuat kerajinan. Seperti pada serabut kelapa yang berada di bagian kulitnya. Biasanya serabut ini dibuat menjadi kerajinan tangan berupa sapu, keset, dan coconet.

Tentu kerajinan dari bahan serat alam ini masih banyak lagi ya, seperti kerajinan dari econg gondok. Kemudian ada juga dari kulit jagung, serat dari alam berupa rotan dan masih banyak lagi lainnya.

Dan untuk Anda yang sedang mencari bahan jersey juga ada lho, termasuk bagaimana cara membuatnya. Baik, demikian pembahasan kita pada artikel ini tentang dunia kerajinan. Semoga bermanfa’at, jangan lupa juga untuk share artikel ini ya. Supaya banyak yang tahu, terimakasih!

Tinggalkan Balasan