Mengenal Mesin Mobil Matic Dan Cara Perawatannya

  • oleh

Mengenal Mesin Mobil Matic – Mobil mesin matic sangat diminati saat ini untuk digunakan di daerah perkotaan besar pasalnya ada wacana pemerintah untuk membebaskan pajak mobil baru untuk meningkatkan daya beli dan minat masyarakat di Indonesia. Perlu kita ketahui mesin mobil matic saat ini sudah sangat bervariasi model dan jenisnya.

Mengenal keunggulan dari mobil bermesin matic yang tanpa harus menginjak kopling, membuat transmisi matic terasa sangat nyaman dan bebas lelah. Tentu sangat efisien untuk digunakan saat kondisi macet. Namun yang harus Anda ketahui mesin mobil matic yang perlu diperhatikan bukanlah mesin tanpa cacat, tanpa masalah dan bebas perawatan.

Sehingga, Anda harus mengetahui dan memperhatikan potensi masalah yang terjadi pada transmisi mesin mobil matic. Dengan demikian, Anda bisa lakukan pencegahan dengan lakukan perawatan, pengecekkan dan servis berkala pada mesin mobil matic Anda. Untuk mengetahui masalah umum yang kerap terjadi pada transmisi matik, simak penjelasan dari Safara Jogja berikut ini.

1. Tenaga Mesin Mobil Matic Terasa Tertahan Atau Selip

Mengenal mobil mesin matic dari kekurangan atau rawan kerusakannya yang pertama adalah ketika Anda memacu mobil bermesin matic terasa pada saat Anda ingin berakselerasi atau menambah kecepatan dengan menginjak pedal gas lebih dalam namun selanjutnya bukanlah kecepatan yang bertambah ternyata mesin mobil matic hanya menderu di tempat.

Gejala lain yang timbul adalah tenaga terasa tertahan dan performa terasa lebih loyo. Jika sudah terlalu parah, maka mobil akan sulit untuk berjalan atau berakselerasi. Untuk itu, secepatnya lakukan pengecekan pada bengkel spesialis transmisi matik terpercaya.

Transmisi Mobil Matic, sumber: google.com
Transmisi Mobil Matic, sumber: google.com

2. Terjadi Mesin Mobil Matic Hentakan Dan Tersendat-Sendat

Mengenal gejala kedua pada mobil mesin matic yang menjadikan sangat perlu anda garis bawahi adalah terasa ada hentakan dan tersendat ketika berpindah gigi. Hal ini disebabkan banyak faktor, mulai dari konslet ringan pada kelistrikan, turunnya performa disebabkan seperti kualitas oli transmisi matik yang menurun hingga kerusakan pada komponen internal. Jangan terus paksakan mesin mobil matic Anda jika merasakan gejala seperti ini dan segera lakukan pengecekan. Agar tidak terjadi bertambahnya kerusakan pada mesin mobil matic Anda.

3. Tuas Transmisi Sulit Untuk Dipindahkan Pada Mobil Matic

Mengenal masalah mobil mesin matic melalui gejala lainnya adalah tuas transmisi terasa sulit untuk dipindahkan. Hal ini tentu akan mengganggu, lantaran mesin mobil matic akan sulit untuk dijalankan yang perlu anda kenali juga, Penyebabnya pun banyak dan perlu pemeriksaan lebih lanjut pada kinerja transmisi. Secepatnya hubungi bengkel spesialis transmisi matik kepercayaan Anda.

4. Getaran Dan Raungan Tak Wajar Saat Mobil Matic Berjalan

Mengenal masalah mesin mobil matic yang perlu diperhatikan kembali ketika saat berkendara, apakah merasakan seperti getaran atau raungan tertentu saat berakselerasi? Jika benar, sebabnya mungkin berasal dari transmisi matik. getaran atau raungan menandakan ada kinerja komponen yang tidak maksimal atau bahkan kerusakan.

5. Indikator ‘Check Engine’ Menyala

Mengenal lebih dalam mesin mobil matic Anda terdapat kendala selanjutnya ialah indikator ‘Check Engine’. Indikator atau tanda satu ini tidak hanya spesifik menandakan gangguan pada transmisi saja, namun jika dibarengi dengan gejala seperti di atas, sudah waktunya Anda lakukan pemeriksaan.

Indikator Mobil matic, sumber: moladin.com
Indikator Mobil matic, sumber: moladin.com

Kejadian tersebut salah satunya di akibatkan kelalaian pengemudi yang belum paham mengenal mekanisme tuas transmisi pada mobil matic. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli mobil matic, ada baiknya untuk mengetahui dulu cara kerja mobil bermesin matic yang Anda pilih.

Fungsi Huruf Dan Angka Pada Transmisi Mobil Matic

Biasanya, mobil bertransmisi matic menggunakan beberapa simbol huruf yakni P-R-N-D-L. Semuanya, menandakan fungsi layaknya mobil manual, P untuk Parkir, R sebagai reverse yang berfungsi untuk memundurkan mobil, N berarti netral, dan D merupakan drive yang digunakan untuk berkendara.

Pada beberapa jenis mobil mesin matic yang ada, baiasanya terdapadat tambahan transmisi L yang berarti low gear serta angka 3, 2 dan 1 yang menunjukan gigi. Yang kebanyakan pemahaman tentang fungsi ketiga ini yang banyak salah artikan dalam menggunakannya.

Seperti namanya, tuas L menunjukan gigi rendah yang sering digunakan saat mobil dijalan menanjak, begitu juga dengan angka 3, 2, dan L. Memindahkan tuas ke posisi L atau pilihan gigi yang lebih rendah bisa dilakukan saat mobil memang membutuhkan tenaga tambahan tetapi bila di posisi D masih cukup, tidak akan menjadi masalah.

Mobil bermesin matic juga memiliki fungsi shift lock yang dapat berguna saat parkir pararel tanpa menarik tuas rem. Anda cukup memindahkan tuas kopling dari P ke N dengan posisi kontak tidak terpasang.P atau Parkir adalah posisi untuk kendaraan parkir. Transmisi terkunci saat di posisi ini menyebabkan kendaraan tidak bisa berpindah maju-mundur. Posisi ini ialah permulaan menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.

transmisi pada mobil matic, sumber: mitsubishi-motors.co.id
transmisi pada mobil matic, sumber: mitsubishi-motors.co.id

R atau Reverse, adalah posisi untuk memundurkan kendaraan. N singkatan dari Netral, merupakan penempatan gir netral, hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas. Drive diberi code D, ialah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal.

Sistem transmisi otomatis atau akrab kita sebut matic dibagi atas beberapa jenis komponen yang bermacam-macam meskipun fungsi utama masih sama. Setiap komponen yang ada dalam sistem transmisi otomatis harus dapat bekerja sebagaimana mestinya dan selalu dalam kondisi yang baik agar kinerja transmisi otomatis dapat berfungsi dengan lancar secara keseluruhan.

Komponen Torque Converter

Torque Converter merupakan komponen yang terpasang di input shaft transmisi serta dikencangkan menggunakan baut pada flywheel crankshaft. Komponen ini dipenuhi dengan ATF (minyak transmisi otomatis) yang akan memperbesar momen mesin mobil matic lalu dilanjutkan pada bagian transmisi yang bisa Anda custom sesuai kebutuhan pesan di Aksesoris Mobil .

komponen mesin mobil matic torque converter,sumber: ortizaku.com
komponen mesin mobil matic torque converter,sumber: ortizaku.com

Kemudian komponen mesin mobil matic ini juga berfungsi sebagai kopling otomatis yang memindah maupun memutus momen mesin terhadap transmisi. Torque Conventer ini juga dapat bekerja dalam memperlembut mesin, meredam getaran hingga menggerakkan pompa oli mesin.

Komponen Planetary Gear Unit

Mengenal komponen dari mesin mobil matic berikut berguna saat menaikkan ataupun menurunkan kecepatan mobil bermesin matic. Pada dasarnya, komponen ini befungsi untuk menghasilkan tenaga dorong serta menggerakkan kendaraan. Bagian penting dari planetary gear yaitu brake yang berguna untuk melakukan perpindahan gigi yang sesuai tuas transmisi. Bagian ini digerakkan menggunakan tekanan hidrolis.

Hydraulic Control Unit

Mengenal komponen pada mobil bermesin matic yang dinamai hydraulic control unit berguna untuk mengendalikan kinerja brake dan kopling transmisi otomatis menggunakan tekanan dari pompa oli.

Komponen ini menggununakan oil pan reservoir fluid, pompa oli berfungsi meningkatkan tekanan hidrolis dan beberapa katup serta pipa yang mengalirkan minyak transmisi pada bagian kopling, brake serta bagian lain dalam mekanisme transmisi otomatis. Biasanya, Hydraulic Control Unit ditemukan di bagian Valve Body Assembly di bawah Planetary Gear.

Manual Linkage

Mengenal mesin mobil matic lebih dalam Transmisi mobil bermesin matic menggunakan 2 buah linkage yang memungkinkan sistem transmisi dikendalikan secara manual oleh pengemudi. Manual linkage merupakan bagian komponen berupa selector lever dilengkapi kabel, akselerator serta kabel throttle.

Automatic Transmission Fluid (ATF)

Komponen paling penting selanjutnya dalam sistem transmisi otomatis yaitu Automatic Transmission Fluid (ATF) atau yang lebih dikenal dengan oli transmisi yang juga terdiri atas beberapa bahan tambahan yang dapat melumasi transmisi. Komponen ini harus menggunakkan ATF yang sudah ditentukan oleh produsen sebab ketika menggunakan ATF yang tidak sesuai dapat mengakibatkan terganggunya kinerja sistem transmisi.

Pengecekan terhadap level oli transmisi ini juga perlu dilakukan secara berkala dan konsisten untuk memastikan sistem transmisi dapat berfungsi optimal. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan saat mesin dalam kondisi putaran idle di mana transmisi berada di suhu kerja normal dan tuas transmisi ada di posisi P.

Demikian uraian dari kami, bila Anda membutuhkan moda transportasi darat kami menyediakan jasa sewa elf Jogja, yang menyediakan juga sewa mobil dan motor. Bila Anda suka bersedia untuk memberikan like dan komentarnya untuk kami. Terima kasih..

Tinggalkan Balasan