Ini Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasinya

  • oleh

Dalam menghadapi dunia kesehatan, setiap orang tentu pernah mengalami yang namanya sakit, entah itu berhubungan dengan penyakit dalam, penyakit luar, maupun bagian gusi dan mulut. Nah berbicara tentang kesehatan, pada kesempatan kali ini kita akan lebih jauh membahas tentang kesehatan gigi dan mulut terutama pada penyebab gigi sensitif.

Terjadinya gigi sensitif mungkin pernah dialami hampir setiap orang, dan penyebabnya mungkin berbeda beda. Salah satu penyebab yang paling sering dialami adalah karena sering memakan makanan makanan yang asam, manis atau bahkan bersoda seperti makanan khas Lombok, akibatnya lapisan dentin lebih terkikis dan tak terlindungi.

Selain daripada penyebab yang disebutkan di atas, masih banyak berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya gigi sensitif, dan untuk mengetahui penyebab kompleksnya dapat melihat penjelasan seperti berikut ini:

Mengenal Gigi Sensitif

Gigi sensitif merupakan salah satu bentuk rasa sakit yang dialami oleh mulut lebih lebih saat sementara melakukan aktivitas tertentu seperti menyikat gigi, makan makanan panas/dingin, minum minuman yang panas/dingin, dan atau aktifitas lainnya. Selain itu semua aktifitas kita yang lain juga akan terganggu jika masalah semacam ini muncul hingga menyebabkan konsentrasi juga akan ikut menurun.

Mengenal Gigi Sensitif, Sumber: Unsplash
Mengenal Gigi Sensitif, Sumber: Unsplash

Kita tahu bahwa di sekitaran gigi terdapat aliran syaraf yang sangat banyak sehingga akibat hal tersebut saat lapisan pelindung gigi mulai menipis, syaraf syaraf tersebut akan merespon dengan mempengaruhi saraf lainnya untuk ikut merasakan dan itu sangat menyiksa penderitanya.

Adapun tanda tanda yang dialami penderita saat mengalami gigi sensitif adalah rasa nyeri dan ngilu di bagian gusi atau gigi, yang bisa terasa sampai ke akar gigi. Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat disertai dengan garis gusi yang menurun.

Penyebab Gigi Sensitif

Banyak hal yang dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif, adapun penyebabnya bisa dibaca melalui ulasan Safara Jogja berikut:

1. Sering Mengkonsumsi Makanan Manis atau Asam Berlebih

Penyebab gigi sensitif karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang asam atau manis bisa membuat enamel gigi terkikis dan menimbulkan rasa ngilu di gigi. Sisa makanan manis yang menempel di permukaan gigi dapat diubah menjadi zat asam oleh bakteri di dalam mulut. Seiring waktu, zat asam ini akan merusak enamel gigi.

2. Sering Mengkonsumsi Makanan Makanan yang Bersuhu Panas Atau Dingin

Penyebab gigi sensitif karen terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman panas atau dingin seperti teh panas atau es teh, minuman bersoda, es krim, sirup, coklat, atau caramel, atau makan lainnya maka juga akan membuat enamel gigi terkikis dan menimbulkan rasa ngilu di gigi.

Mengonsumsi Makanan Panas Dapat Menyebabkan Gigi Sensitif, Sumber: Unplash/@louishansel
Mengonsumsi Makanan Panas Dapat Menyebabkan Gigi Sensitif, Sumber: Unplash/@louishansel

Oleh karena hal tersebut sebaiknya makanan makanan bersuhu terlalu tinggi dan rendah tersebut untuk dikurangi.

3. Sering Menggunakan Obat Kumur yang Memiliki Kandungan Alkohol

Menggunakan obat kumur memang dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Namun, jika digunakan terlalu sering dalam jangka panjang, beberapa obat kumur yang mengandung alkohol dan bahan kimia lain justru bisa membuat gigi lebih sensitif.

4. Sering Menggosok Gigi Terlalu Kuat

Penyebab gigi sensitif juga bisa terjadi bila Anda menyikat gigi terlalu kuat atau menggunakan sikat gigi berbulu kasar. Kebiasaan ini dapat merusak enamel gigi dan lama-kelamaan menyebabkan lapisan dalam gigi yang sensitif terbuka sehingga gigi terasa ngilu.

5. Sering Menggertakkan Gigi juga MenjadiPenyebab Gigi Sensitif

Kebiasaan menggertakkan gigi juga bisa menyebabkan enamel gigi terkikis, sehingga gigi menjadi sensitif. Kebiasaan ini umumnya dilakukan tanpa sadar saat sedang tidur dan bisa saja disebabkan oleh masalah psikologis.

Cara Mengatasi Penyebab Gigi Sensitif

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika sedang mengalami gigi sensitif, adapun acara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Saat Menyikat Gigi Gunakan Bulu Sikat yang Halus

Selanjutnya saat menyikat gigi juga cobalah untuk menggunakan penyikat bulu halus karena bulu sikat yang kasar juga akan cepat membuat lapisan epidermis luar gigi menjadi menipis dan menyebabkan ngilu.

2. Menyikat Gigi Dengan Perlahan

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah saat menggosok gigi, cobalah secara perlahan lahan saja, karena jika dilakukan terlalu kuat maka akan membuat lapisan luar pelindung gigi akan cepat habis.

Menyika Gigi Secara Perlahan, Sumber: Unsplash
Saat Menyikat Gigi Gunakan Bulu Sikat yang Halus

3. Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Selanjutnya sikat gigi Anda minimal 2 kali dalam sehari menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif, karena pasta gigi jenis ini mengandung bahan yang tidak menyebabkan iritasi pada gigi dan gusi.

4. Gunakan Obat Kumur Bebas Alkohol

Selanjutnya Hindari obat kumur yang mengandung alkohol untuk mencegah munculnya rasa ngilu akibat gigi sensitif. Oleh karena itu sebaiknya, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride, karena zat ini dapat membentuk kembali enamel gigi yang terkikis dan mencegah gigi berlubang.

5. Kurangi Makanan Atau Minuman yang Terlalu Manis, Panas atau Dingin

Selanjutnya hindarilah makanan makanan yang memiliki rasa manis, asam, panas, dan dingin yang terlalu berlebih karena hanya akan membuat gigi menjadi lebih sensitive.

Selain itu juga jika anda tetap tidak bisa lepas dengan kegiatan mengkonsumsi makanan makan tersebut, maka anda dapat mengatasinya dengan secara rutin melakukan veneer gigi di Palembang jika anda sedang berada didekat daerah tersebut.

6. Konsilah Makanan Makanan yang Dapat Menghilangkan Asam dan Bakteri

Terakhir cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menghilangkan asam dan bakteri perusak gigi, adapun beberapa makanan tersebut seperti keju, susu, buah-buahan, olahan madu, dan sayur-sayuran.

Itulah beberapa penjelasan tentang penyebab gigi sensitif serta cara penanganannya, semoga dengan artikel ini maka akan menambah informasi serta tambahan ilmu bagi anda yang membacanya.

Tinggalkan Balasan