Perjalanan Wisata Mengintip Pesona Merapi

  • by

Bagi Setiap orang, melakukan perjalanan wisata adalah suatu hal sangat menyenangkan. Terlebih lagi di saat pandemi ini, karena akan banyak peluh yang hilang, jenuh yang terurai, pilu yang terangkat, bahkan kesedihan yang menghilang. Tapi untuk kamuu yang akan melakukan perjalanan wisata selalu jaga protokol kesehatan ya!.

Melihat perkembangan saat ini, ada baiknya kamu untuk dirumah aja, tidak melakukan aktivitas wisata. Kecuali kamu mempunyai urusan yang sangat mendesak untuk harus dilakukan, atau kamu memang diharuskan untuk bekerja di luar rumah dan sekali lagi selalu patuhi protokol kesehatan ya.

Ada beberapa informasi nih yang ingin kami bagikan buat kamu yang rindu banget melakukan wisata. Indonesia memang sangat terkenal dengan wisata yang tidak pernah habis, oiya kalau kamu melakukan perjalanan wisata biasanya naik apa nih? Apakah memilih untuk sewa hiace Jogja bagi yang sedang di jogja? Atau menaiki kendaraan pribadi?

Banyak sekali tempat wisata yang tersebar di seluruh Indonesia, dari danau Toba yang ada di Sumatera, Monas yang ada di Jakarta, Bromo yang ada di Jawa Timur sampai wiasata Merapi yang berada di Yogyakarta.

perjalanan wisata
Gambar : Tampak Gunung Merapi, sumber : investor.id

Jika kita berbicara tentang Yogyakarta, kota istimewa ini ga pernah ada habisnya dalam segmentasi wisatanya. Baik dari wisatawan yang melakukan perjalanan wisata ke Jogja, maupun wong Jogja asli, bakalan punya kenangan tersendiri di Jogja ini.

Yogyakarta yang memiliki sebutan kota pelajar ternyata memiliki banyak sekali ragam, dari pakaian khasnya, budayanya, kulinernya sampai wisatanya. Pernahkah kamu mendengar istilah “Pathuk”? Pathuk Jogja ternyata nama kampung loh! Bukan nama jenis Bakpia yang sering kita dengar ya.

Jika kamu mengunjungi Malioboro kamu akan menemukan pasar Bringharjo yang menjadi sentra produsen batik di jogja rekomended, kemudian kamu akan menemui makanan khas Jogja yaitu Gudeg. Tak kalah menarik juga Gunung Merapi yang selalu berdiri tegak menjadi daya tarik bagi siapapun wisatwan yang sedang mengunjungi Jogja.

Gunung Merapi

Gunung Merapi memiliki keindahan yang sangat khas, untuk informasi buat kamu para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Gunung Merapi, gunung ini masih memiliki status seabagai gunung yang aktif, jadi selalu hati-hati ya jika kamu ingin mengunjunginya.

perjalanan wisata
Gambar : Gunung Merapi, sumber : shuttershock

Gunung Merapi terletak di tengah pulau Jawa, memiliki beberapa wilayah seperti lereng selatan masuk kedalam wilayah Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika kita telisik ke sisi barat Merapi masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang.

Nah untuk sampai kepada Gunung Merapi memang banyak sekali jalur yang bisa kamu tempuh. Yang pertama kamu bisa melewati desa Kinahrejo 2 km sebelah timur Kaliurang.

Jalur keuda kamu bisa melewati daerah Selo kabupaten Boyolali diantara Gunung Merbabu, bisa juga menggunakan bus Kartosuro hingga sampai di Boyolali kemudian langsung menuju Selo.

Di saat cuaca yang sangat cerah, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dari sekitaran Jogja dengan mata telanjang. Gunung yang memiliki banyak misteri, maupun sumber penghasilan untuk masyrakat sekitar adalah destinasi alternatif wisata buat kamu.

Banyak perubahan yang bisa kita lihat secara jelas dari Gunung Merapi ini, yang menjadi daya tark tersendiri untuk para wisatawan yang akan berkunjung kesana. Oiya karena trek yang menanjak, selalu siapkan obat mabuk perjalanan bagi kamu yang sering mabuk dalam perjalanan. Sekarang yuk simak pesona wisata Merapi!

Bunker Kaliadem

Dari sekian banyak wisata yang ada di Gunung Merapi, Bunker Kaliadem adalah destinasi yang harus kamu kunjungi. Sebagaimana namanya yaitu Bunker, ini memang menjadi tempat perlindungan yang ada di dalam tanah.

perjalnan wisata
Gambar : wisata Bunker Kaliadem, sumber : kilasbekasi.id

Bunker ini sebelumnya pernah berfungsi untuk menjadi tempat perlindungan oleh masyarakat ketika Gunung Merapi meletus, guna melindungi diri dari awan panas, lava yang menagalir maupun material yang keluar dari letusan Gunung Merapi itu sendiri.

Kamu akan di ceritakan berbagai kisah yang terjadi pada saat peristiwa letusan Gunung Merapi selama perjalanan menuju Bunker Kaliadem. Saat sudah sampai kamu akan menemui pintu utama yang terbuat dari baja setebal 15 cm dan jangan lupa untuk mengabadikan momen berada dekat Gunung Merapi.

Musium Sisa Hartaku

Sehabis mengunjungi Bunker Kaliadem, jangan lupa untuk mengunjungi Musium Sisa Hartaku. Di Musium Sisa Hartaku ini, terdapat peninggalan barang-barang milik warga yang terkena bencana meletus Gunung Merapi. Beragam benda yang dapat kamu temui disana, mulai dari beragam jenis peralatan rumah tangga, komputer, motor, rumah yang hancur hingga tengkorak hewan ternak yang masih tersisa.

Stonehenge Merapi

Seperti yang kita tau bahwa Stonehenge ini terdapat di beberapa negara seperti, Inggris dan Australia. Untuk kamu yang penasaran dengan Stonehenge itu seperti apa jangan khawatir karena, di Gunung Merapi akan kamu temui.

Terdiri dari batuan besar yang ditata rapih hasil dari sisa erupsi bencana Merapi pada tahu 2010. Sering dijuluki sebagai The Lost World Herritage, dijamin akan membayar rasa penasaran kamu ketika ingin mengetahui bagaimana Stonehenge.

Taman Merapi

Terletak tidak jauh dari Musium Mini Gunung Merapi, tempat ini juga tidak kalah bagus juga untuk menjadi daftar list destinasi wisata Merapi yang akan kamu kunjungi. Taman Merapi menjadi tempast favorit bagi pecinta fotografi.

Taman Merapi memiliki banyak miniatur kecil, seperti Menara Eiffel, Menara Pisa yang ada di Italia, Kincir Angin Belanda dan banyak lagi yang akan ditemui disana. Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan. Selalu jaga kesehatan dimanapun kamu berada ya! Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.

Leave a Reply